Sukses

Ketua Pansus: Lembaga KPK Terus Dipertanyakan

Ketua Pansus Hak Angket KPK DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa kembali mempertanyakan KPK secara kelembagaan.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Pansus Hak Angket KPK DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa kembali mempertanyakan KPK secara kelembagaan. Pasalnya, lembaga antirasuah ini sangat lemah dalam melakukan koordinasi dengan lembaga lain dalam menyelamatkan aset-aset negara.

Agun terus mempertanyakan kelembagaan KPK saat berbicara kepada pers sebelum memimpin rapat Pansus, Rabu (30/8/2017). Dalam konteks ini, Agun menjelaskan bahwa KPK tak berkoordinasi dengan baik dalam mengelola harta rampasan dan sitaan negara dari kasus tipkor yang ditangani KPK.

Soal temuan aset hasil penyidikan tipikor yang ternyata tidak dilaporkan sepenuhnya oleh KPK kepada Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan), menggambarkan KPK bukanlah lembaga yang bersih dan baik. Agun mempertanyakan, mengapa aset sitaan dari KPK itu tak dilaporkan selurhnya ke Rupbasan.

“Apakah unit yang ada di bawahnya tidak berjalan efektif, pimpinannya tidak tahu, atau seperti apa. Kita belum tahu dan belum ketemu dengan KPK,” kata Agun. Saatnya nanti komisioner dan para penyidik KPK akan dipanggil ke Pansus untuk menjelaskan hal ini. KPK tentu punya kepentingan menyangkut persoalan tersebut untuk datang memenuhi undangan Pansus.

“Saya yakin KPK juga punya kepentingan, punya tujuan, punya niatan yang sama. Kalau semua sudah semakin terang benderang dan gamblang, suatu saat KPK juga akan hadir dan mau berbicara,” harap Agun.

 

 

(*)

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini