Sukses

Mudik Idul Adha, Menhub Budi Fokus di 4 Titik

Pejabat eselon I dan II juga akan berada di titik tertentu untuk memantau langsung pelaksanaan pengamanan arus mudik Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Adha juga dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke kampung halaman. Kementerian Perhubungan bersama instansi terkait sudah melakukan serangkaian persiapan menghadapi arus mudik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sedikitnya ada empat titik yang menjadi fokus penanganan arus mudik. Empat titik ini merupakan poin kepadatan masyarakat selama mudik Idul Adha.

"Satu di Cipali, kedua di Merak, ketiga di Surabaya di beberapa tempat itu. Tapi secara khusus memang satu lagi di Soekarno-Hatta. Yang paling kami konsentrasikan adalah di Cipali," kata Budi Karya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Beberapa manajemen dan rekayasa lalu lintas telah disiapkan. Kendaraan berat pun dilarang melintas sejak H-1. Kendaraan dengan sumbu 3 atau lebih sudah tidak diizinkan melintas.

Petugas gabungan juga sudah bersiaga di sepanjang jalur mudik. Posko-posko mudik juga sudah dibangun. Kehadiran posko ini memudahkan petugas dalam mengantisipasi kepadatan yang terjadi di jalur mudik.

"Jadi suatu waktu terjadi over loaded kita akan buat langkah-langkah seperti pembatasan seperti membuat jalur baru, mengarahkan pada tol yang lain atau jalur yang lain," jelas dia.

Petugas siaga tidak hanya yang berada di lapangan. Para pejabat setingkat eselon I dan II juga akan berada di titik tertentu untuk memantau langsung pelaksanaan pengamanan arus mudik Idul Adha.

"Sewaktu-waktu saya rencananya juga akan ke daerah-daerah tersebut," pungkas Budi Karya.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruas Tol Padat

Libur Idul Adha dan akhir pekan 1 September diprediksi akan membuat kepadatan sejumlah ruas tol meningkat. Salah satunya Tol Tangerang-Merak.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti, Indah Permanasari menyatakan, kenaikan arus lalu lintas di tol Tangerang-Merak diperkirakan mencapai 6 persen.

"Puncaknya sendiri akan diprediksi terjadi pada 31 Agustus 2017," ujar Indah Permanasari, Rabu (30/8/2017).

Dia menyatakan, kepadatan akan terjadi pada Jumat 1 September sore, atau setelah salat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.