Sukses

Hujan Misterius di Tebet dari Air Pemadam Kebakaran?

Liputan6.com menyelusuri lokasi rumah Muzakkir apakah berdekatan dengan perkantoran yang kemungkinan menggunakan air saat beroperasional.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan misterius yang mengguyur rumah di Jalan Tebet Barat Dalam I i nomor 18, Tebet, Jakarta Selatan sempat menghebohkan masyarakat. Sebab hujan yang hanya mengguyur sebagian rumah Ahmad Muzakkir itu menjadi fenomena yang langka.

Liputan6.com mencoba menyelusuri lokasi rumah Muzakkir apakah berdekatan dengan pusat-pusat perkantoran yang kemungkinan besar menggunakan air saat beroperasional.

Namun, tak ada tanda-tanda gedung dengan kriteria tersebut di sekitarnya. Bagian belakang rumahnya langsung berdampingan dengan beberapa perkantoran dan beberapa penginapan. Rumah-rumah sekitar lokasi pun rapat, tanpa ada jarak satu sama lain.

Di kawasan Tebet, memang terdapat kantor pemadam kebakaran yang berlokasi di Jalan Dr Soepomo Nomor 47. Rumah yang telah ditinggali Muzakkir selama 15 tahun ini berjarak 200 meter dari Jalan Dr Soepomo yang mengarah ke Pancoran, Jakarta Selatan.

Saat mencoba mengukur dengan Google Maps, rumah dan kantor pemadam kebakaran tersebut berjarak 600 meter. Jarak yang terlalu jauh jika memang air hujan misterius di rumah Muzakkir berasal dari pemadam kebakaran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Mula

Fenomena hujan itu berlangsung selama 6 jam pada Sabtu, 26 Agustus 2017. Kata Muzakkir kejadian itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB saat dirinya bermain catur.

"Pas menjelang Maghrib kita bubar. Pas bubar, hujan mulai turun. Teman saya masuk rumah duluan, dia enggak ngeh kalau hujan. Saya juga cuma beres-beres, tapi keponakan saya teriak 'Hujan...! hujan...! mandi hujan," ujar Muzakkir saat ditemui Liputan6.com di rumahnya, Selasa (29/8/2017).

Dia sempat mengira hujan misterius hanya berlangsung sebentar. Tak disangka, hujan terus berlangsung sampai hampir tengah malam.

"Saya pikir kejadian langka ini cuma 10 menit. Ternyata setelah Magrib, setelah Isya, saya keluar (rumah) lagi banyak yang ramai nonton. Kurang lebih enam jam kejadiannya, dari jam setengah 6 sore sampai jam setengah 12 malam," ucap Muzakkir.

Hujan misterius itu langsung menarik perhatian banyak orang di sekitar rumahnya. Tak sedikit tetangga yang datang karena penasaran ingin melihat peristiwa tersebut secara langsung.

"Adik (saya) juga merekam kejadiannya. Dia sempat kasih tahu ke teman-temannya. Banyak yang penasaran juga. Tetangga juga merekam, kirim ke Instagram dan lain-lain," kata Muzakkir.

Bahkan ada tetangga yang sampai menumpang mandi hingga menampung air hujan tersebut.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.