Sukses

Mengintip Budidaya Tomat Super Karya Santri di Semarang

Para santri ini membudidayakan tomat super jenis beef tomatoes dan tomat cherry dengan sistem hidproponik irigasi tetes

Liputan6.com, Semarang - Berbagai jenis tanaman tomat yang tengah berbuah berjajar rapi di green house. Tomat ini merupakan karya para santri Yayasan Pendidikan Islam Rifaiyah Al Mina Kecamatan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Rabu (30/8/2017), para santri ini membudidayakan tomat super jenis beef tomatoes dan tomat cherry dengan sistem hidproponik irigasi tetes yang selama ini terbukti sederhana, murah, namun memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Dan semuanya dikerjakan bergiliran oleh seluruh santri.

Budidaya tomat yang dimulai sejak bulan Mei lalu adalah program bantuan presiden bagi sejumlah pesantren di tanah air. Bantuan berupa uang dan pendampingan pertanian tomat dari hulu hingga penjualan. Mereka dijadikan pemasok tomat bagi pasar modern.

Dengan hasil panen tomat kualitas super yang laku dijual ke peritel modern hasilnya pun dinikmati oleh para santri sendiri. Meski saat ini hanya sebatas tomat, ke depannya para santri juga akan membudidayakan jenis buah dan sayuran lain dengan memanfaatkan lahan milik yayasan.