Sukses

Polri Usulkan Ada Rest Area Fungsional di Tol Kaliangsa-Gringsing

Royke mengatakan sebaiknya rest area tambahan itu berlokasi tidak jauh atau berdekatan dengan rest area yang selama ini sudah ada.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Polisi Royke Lumowa, mengusulkan agar dibangun rest area tambahan di jalan tol Kaligangsa hingga Gringsing. Sebab, jalan tol fungsional tersebut diperkirakan sudah selesai pengerjaannya pada tahun depan, sehingga bisa digunakan para pemudik saat Idul Fitri 2018.

"Tapi rest area-nya belum. Perlu ada penambahan kapasitas, maka perlu rest area fungsional," kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, di tol KM 102 Subang, Jawa Barat, Selasa, 29 Agustus 2017.

Dia mengatakan, sebaiknya rest area tambahan itu berlokasi tidak jauh atau berdekatan dengan rest area yang selama ini sudah ada. 

"Tol Brexit itu ada yang berhenti KM 208, kemudian KM 166, KM 131 dan KM 102," ujar Royke.

Dengan adanya rest area tambahan untuk mendukung jalan tol fungsional tersebut, diharapkan bisa mengurai kemacetan dan tak lagi terjadi penumpukan kendaraan di rest area saat mudik lebaran.

"Untuk itu, kami telah menyampaikan persoalan ini kepada pihak terkait agar dapat ditindaklanjuti dengan baik agar ke depannya pengaturan arus kendaraan saat mudik berjalan dengan lancar," Royke menandaskan.

Saksikan Video Menarik Berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi Amankan Idul Adha

Polri menyiapkan strategi pengamanan mudik Idul Adha. Sebanyak 44 ribu personel akan diturunkan mengawal perayaan hari besar ini. Selama Kamis, 31 Agustus 2017 hingga 1 September 2017, mereka akan ditempatkan di sejumlah titik arus mudik Idul Adha.

Para personel tersebut berasal dari empat Polda. Keempat yakni Polda Banten, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, dan Polda Jawa Tengah.

"12 ribu personel per polda. Kalau Polda Banten sekitar 8.000-an," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa di Rest Area 102, Subang, Jawa Barat, Selasa 29 Agustus 2017.

Tak hanya itu, pihaknya akan mendapat penambahan personel bantuan dari Mabes Polri. Jumlahnya mencapai 2.000 personel.

"Kalau jadi penambahan BKO dari Pak Asisten Kapolri Bidang Operasi sekira 1.000-2.000 personel," ucap dia.

Sementara yang tak kalah penting, dalam proses pengamanan arus mudik Idul Adha, polisi lalu lintas akan dikawal anggota polisi lain yang membawa persenjataan lengkap.

"Yang penting saling menjaga satu sama lain," tambah Royke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.