Sukses

PKB Umumkan Usung Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar September Ini

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) segera mengumumkan Ridwan Kamil sebagai calon yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018.

"Nanti awal September kalau tidak ada perubahan," ujar Ketua Desk Pilkada PKB Daniel Johan kepada Liputan6.com di Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Tak hanya itu, lanjut Daniel, pihaknya juga mengaku siap untuk menjadi pemimpin pemenangan Wali Kota Bandung, Jawa Barat itu. PKB menyiapkan tiga nama yang akan dipasangkan dengan Ridwan Kamil.

Ketiga nama itu, berasal dari kader internal PKB. Mereka adalah Sekretaris Fraksi PKB Cucun Syamsurijal, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PKB Maman Imanulhaq, dan Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda.

"Ada Pak Syaiful Huda, Cucun, Kiai Maman. Tiga nama itu dari kader kami (PKB)," ucap dia.

Daniel mengaku, Ridwan Kamil meminta agar kader PKB yang mendampinginya bertarung dalam Pilgub Jabar 2018.

"Jadi ada dua, yang pertama, Pak Ridwan Kamil meminta kami pimpin koalisi. Yang kedua, beliau (Ridwan Kamil) juga berharap PKB yang mengusulkan cawagubnya, tapi nanti kita lihat koalisi gabungan, soalnya kan di sana ada PPP juga," kata dia.

Mengenai hal tersebut, Daniel menyebut PKB akan melakukan komunikasi dengan partai-partai lain, termasuk PPP.

"Kami akan segera berkomunikasi dengan PPP dan Nasdem agar bergabung dalam koalisi ini untuk memenangkan Ridwan Kamil," jelas Daniel.

 

Saksikan video di bawah ini:

 

1 dari 2 halaman

Bursa Cagub Jabar

Bursa calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jawa Barat (Jabar) mulai memanas. Kendati baru akan berlangsung pertengahan 2018 mendatang, sejumlah partai sudah mempersiapkan amunisi dan menyeleksi sejumlah tokoh yang dianggap layak menduduki kursi Jabar 1.

Hasil survei Poltracking Indonesia, Kamis, 8 Juni 2017 lalu, menyebut ada lima tokoh yang paling berpotensi maju di Pilkada Jabar. Hal tersebut diukur dari elektabilitas dan tingkat popularitas di kalangan publik.

Lima tokoh terkuat tersebut yaitu Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang mendapatkan perolehan suara 38,13 persen; menyusul, Deddy Mizwar 14,88 persen; Dedi Mulyadi 9,88 persen; Dede Yusuf 8,00 persen; dan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) 5,63 persen.

Sebagai syarat maju mencalonkan diri pada Pilkada Jabar, nama-nama potensial ini butuh kendaraan partai politik sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Ataupun jika ingin maju sebagai calon perseorangan alias independen, calon harus memenuhi syarat dukungan minimum.

Untuk calon yang diusung parpol, ada syarat 20 jumlah kursi di DPRD Jabar atau 25 persen perolehan suara parpol atau gabungan parpol. Jika kurang, harus berkoalisi.

Untuk wilayah Jabar, PDIP mempunyai 20 kursi di DPRD Jabar hasil Pemilu Legislatif 2014. Setelah PDIP, peraih kursi terbanyak, yaitu Partai Golkar sebanyak 17 kursi, PKS 12 kursi, Demokrat 12 kursi, dan Gerindra 11 kursi.

Partai lainnya, yakni PPP memiliki 9 kursi, PKB 7 kursi, Nasdem 5 kursi, PAN 4 kursi, dan Hanura 3 kursi.

Artikel Selanjutnya
Idul Adha, Ridwan Kamil Safari ke Sukabumi