Sukses

KPK Didesak Usut Tuntas Kasus Setya Novanto dan Markus Mekeng

Komite Anti Korupsi Indonesia dan Arus Bawah Partai Golkar menggelar unjuk rasa di Gedung KPK.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Komite Anti Korupsi Indonesia dan Arus Bawah Partai Golkar menggelar unjuk rasa di Gedung KPK. Mereka meminta agar KPK mengusut tuntas perkara korupsi yang diduga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto dan politikus Melchias Markus Mekeng.

"Kami meminta KPK membuka gamblang kasus-kasus korupsi yang mengaitkan kader Partai Golkar," ujar Koordinator Aksi Firmansyah di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (29/8/2017).

Menurut dia, dua orang tersebut kerap disebut-sebut terlibat korupsi di sejumlah proyek. Bahkan, keduanya dianggap telah menurunkan integritas partai berlambang beringin.

Firman pun meminta agar KPK segera menahan Setya Novanto dan memproses Mekeng.

"Sampai-sampai Partai Golkar yang selama ini menjadi partai yang banyak beri kontribusi dalam pembangunan nasional, karena ulah-ulah para kader seperti Mekeng dan Novanto inilah semakin tercoreng perjuangan partai," kata Firmansyah.

Saksikan video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spanduk

Pendemo juga membentangkan beberapa spanduk‎ yang berisikan sejumlah kasus korupsi yang diduga melibatkan Mekeng dan Novanto. Antara lain, proyek Hambalang, Anggaran Kemenakertrans dan e-KTP.

Mekeng yang saat ini masih menjabat anggota DPR RI, sudah sering diperiksa penyidik dalam berbagai ‎perkara korupsi besar. Meski begitu statusnya sampai saat ini masih menjadi saksi. Sementara Ketua DPR Setya Novanto kini sudah dijerat tersangka proyek e-KTP oleh penyidik KPK, namun belum juga dilakukan penahanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.