Sukses

Heboh Nasi Mengandung Plastik Dimanfaatkan LSM Peras Warung Makan

Pihak BPOM menyatakan tidak ditemukan nasi yang mengandung plastik.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya lagi-lagi dibuat heboh dengan kemunculan video berdurasi satu menit lebih, yang memperlihatkan seorang wanita tengah membuat nasi yang diketahui milik nasi padang Mini Jaya, menjadi bola kemudian dilempar ke meja. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (9/8/2017), hasilnya nasi bola tersebut seperti bola karet yang memantul.

Terkait beredarnya video tersebut pihak rumah makan Mini Jaya merasa dirugikan dan akan melaporkannya ke polisi. Polisi hingga kini masih menelusuri video tersebut.

Sementara pihak BPOM juga menyatakan tidak ditemukan nasi yang mengandung plastik. Menurut BPOM, tekstur nasi dipengaruhi komposisi komponennya kadar amilopektin yang tinggi bisa mempengaruhi tektur nasi jadi lengket.

Seorang warganet asal Sumatera yang prihatin dengan beredarnya video itu pun turut membuktikannya.

Sementara itu, sejumlah oknum justru memanfaatkan heboh nasi plastik ini dengan memeras pedagang beras dan warung nasi.

Dua anggota LSM ini pada Senin sore, 28 Agustus 2017, digelandang ke kantor kepolisian sektor Jatinegara, Jakarta Timur, setelah nyaris dikeroyok massa karena menuduh pedagang warung nasi menggunakan beras plastik. Pelaku juga meminta uang Rp 3 juta.

Polisi pun menyita sebuah kartu anggota LSM dan atribut identitas mirip kepolisian, serta mengambil sampel beras yang dituduh sebagai beras plastik serta satu bungkus nasi.