Sukses

Satu Jemaah Salat Subuh, Eggi dan Ampi Tak Pernah Bahas Saracen

Pengacara Eggi Sudjana melaporkan Ketua Saracen dan mengungkapkan kedekatan Eggi dengan Mayjen (Purn) Ampi Tanudjiwa.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Eggi Sudjana dan Mayor Jenderal (Mayjen) Ampi Tanudjiwa disebut-disebut sebagai dewan pimpinan organisasi sindikat penyebar ujaran kebencian Saracen. Kuasa Hukum Eggi Sudjana, Razman Nasution, menyatakan kliennya memang mempunyai kedekatan hubungan dengan Ampi.

Ia menjelaskan, keduanya tinggal bertetangga di lingkungan yang sama.

"Mereka itu berdekatan rumah dengan Mayjen Ampi, salat subuh bersama," ucap Razman di Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

Namun, menurut dia, selama keduanya berinteraksi tidak pernah menyinggung Saracen. Razman mengatakan, seharusnya pihak kepolisian tidak terburu-buru menyebut nama di struktur organisasi Saracen.

Hal itu ia sampaikan ketika mendatangi Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, untuk melaporkan ketua organisasi sindikat penyebar ujaran kebencian Saracen, yakni Jasriadi.

Razman meminta kepolisian dapat menjelaskan unsur bisnis dari sindikat tersebut, seperti bukti pesanan, peserta, hingga keuntungan.

"Kita juga minta polisi kalau memang ada unsur bisnisnya gimana ada 800 ribu peserta, berapa keuntungan, mana pesenannya. Jangan buru-buru sebut nama orang," papar dia.

Menurut dia, pemimpin Saracen, Jasriadi, telah menyebut salah satu nama, yaitu aktivis Rizal Kobar yang telah tertangkap dan divonis bersalah dalam kasus makar.

"Ya udah periksa itu orang, apa yang menyebabkan Pak Eggi masuk, (padahal) tidak kenal Jasriadi," jelas Razman.

Saksikan Video Menarik Di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eggi Pasti Pulang

Saat memberikan laporan, Razman tidak didampingi oleh kliennya. Sebab, Eggi dikabarkan sedang berhaji. Kata dia, Eggi berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada Minggu malam.

Kendati begitu, Razman menyatakan kliennya akan tetap kooperatif setelah kepulangannya dari Arab Saudi. Dia beralasan kliennya bukanlah seperti pimpinan Front Pembela Islam (FPI) yang tak kunjung pulang ke Tanah Air.

"Saya pastikan akan pulang, dia bukan Habib Rizieq yang enggak pulang. Dia enggak pulang karena dikriminalisasi," jelas Razman.

Sebelumnya, Polri berencana mengundang pihak-pihak yang namanya tercantum di struktur organisasi sindikat penyebar ujaran kebencian Saracen. Mereka diundang untuk dimintai klarifikasi, termasuk Eggi Sudjana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.