Sukses

Jemaah Haji Indonesia yang Sakit Akan Disafariwukufkan

Jemaah yang tidak mampu melaksanakan wukuf berdasarkan hasil screening tim kesehatan, mereka akan didampingi oleh petugas.

Liputan6.com, Jakarta - Proses wukuf di Arafah akan belangsung pada 31 Agustus 2017. Artinya, tiga hari ke depan, jemaah haji Indonesia akan mulai diberangkatkan secara bertahap menuju Arafah untuk menjalani wukuf.

Sementara, sebagian jemaah haji kita masih ada yang dirawat, baik di Rumah Sakit Arab Saudi maupun di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Makkah.

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Endang Jumali, menyampaikan, Panitia Penyelenggara Ibdah Haji (PPIH) Arab Saudi akan mensafariwukufkan.

"Jemaah yang tidak mampu melaksanakan wukuf berdasarkan hasil screening tim kesehatan, mereka akan didampingi oleh petugas yang sudah diseleksi. Para petugas ini umumnya dari petugas bimbingan ibadah di sektor," kata Endang di Mekah, Arab Saudi, Senin (28/8/2017).

Ia menjelaskan, untuk kelanjutan proses ibadah mereka paska safariwukuf, Tim Pembimbingan Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) di sektor yang bersangkutan akan mengkoordinasikannya dengan keluarga jemaah.

"Kelanjutan ibadah itu antara lain terkait pelaksanaan Jumrah Aqabah, Thawaf Ifadah dan Sai, serta pembayaran dam. Berapa jumlah jemaah haji yang akan disafariwukufkan, sampai saat ini masih dinamis," jelas dia.


Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan 10 Bus


Sebab, menurutnya, masih banyak kemungkinan yang terjadi dalam tiga hari ke depan, termasuk kemungkinan jemaah yang saat ini sakit menjadi sembuh dan siap bergabung dengan kloternya untuk mengikuti wukuf di Arafah.

"Data fix mengenai jumlah jemaah yang akan disafariwukufkan, diperkirakan baru didapat pada 30 Agustus mendatang," terang Endang.

PPIH Arab Saudi telah menyiapkan 10 bus untuk pelaksanaan safari wukuf. Ia mengatakan, keluarga jemaah yang sakit dan disafariwukufkan, tidak perlu khawatir.

"Karena PPIH Arab Saudi terus memantau pelaksanaan ibdah haji jemaah safari wukuf oleh para petugas yang telah ditunjuk," ujar Endang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.