Sukses

Aneka Hiburan dan Bazar Warnai CFD Perdana di Mampang-Pejaten

Jalur Mampang Prapatan - Pejaten pertama kali menggelar Car Free Day. Aneka kegiatan memeriahkan kegiatan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah kota administrasi Jakarta Selatan pertama kali menghelat Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di sepanjang jalan Mampang Prapatan Raya hingga Warung Jati atau tepatnya di simpang Pejaten Village.

CFD di sepanjang jalan itu dilakukan pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Kesempatan ini dimanfaatkan menjadi pekan berolahraga hingga menggelar rangkaian hiburan.

"Dalam kegiatan ini akan menampilkan hiburan rakyat, pencak silat, futsal dari Sudin Pemuda dan Olahraga," kata Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Selatan Christianto, Minggu (27/8/2017).

Beberapa suku dinas memanfaatkan ajang ini untuk melayani warga. Masyarakat yang ikut berpartisipasi juga bisa memanfaatkan kegiatan edukatif, seperti perpustakaan.

Selain itu, bazar pun digelar untuk mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) masyarakat.

"Ada kegiatan mendongeng didukung oleh Sudin Perpustakaan dan Arsip. Juga ada bazar masyarakat oleh Sudin UKM," jelas dia.

CFD Jakarta Selatan ini nantinya dihadiri pejabat SKPD/UKPD di lingkungan kota administrasi Jakarta Selatan yang diisi dengan kegiatan sepeda santai.

Karena itu, masyarakat yang ingin berpartisipasi hendak mematuhi peraturan dan hak pengguna jalan. Hal ini semata demi terciptanya ketertiban, kemanan, dan keselamatan dalam kegiatan CFD.

Saksikan Video Menarik Di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalihan Arus

Arus lalu lintas pun dialihkan untuk menjamin kelancaran CFD jalur Mampang-Pejaten ini. Berikut informasi jalur pengalihan arus yang dirilis Kepala Sudin Perhubungan Jakarta Selatan Christianto, Minggu (27/8/2017):

A. Kendaraan yang berasal dari arah utara (Kuningan) yang akan menuju selatan (Ragunan) dialihkan menuju ke Jalan Duren Tiga Raya - Jalan Raya Pasar Minggu - Jalan Raya Ragunan.

B. Kendaraan yang berasal dari arah selatan (Ragunan) yang akan menuju utara (Kuningan) dialihkan menuju Pejaten Barat - Jalan Kemang Selatan - Jalan Kemang Raya - Jalan Bangka Raya - Jalan Kapten Tendean.

C. Untuk angkutan umum metromini S75 (Blok M - Pasar Minggu) setelah melalui Jalan Kapten Tendean menuju Jalan Mampang Prapatan dibelokkan menuju Jalan Duren Tiga - Jalan Raya Pasar Minggu dan menuju Pasar Minggu.

Trans Jakarta

D. Untuk angkutan umum TransJakarta masih tetap dapat melintas dengan menggunakan jalur khusus busway.

E. Suku Dinas Perhubungan Kota Adm Jakarta Selatan akan menempatkan petugas plotingan sebanyak 75 orang pada 35 titik di sepanjang lokasi kegiatan.

F. Untuk kendaraan yang mengantar orang sakit (emergency) yang berasa di atas jalur CFD diberi pengucalian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.