Sukses

Jokowi Akan Pimpin Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan

Tiba di Kota Bandung pukul 11.45 WIB, Presiden Jokowi menghadiri sekaligus mengawali Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana bertolak menuju Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, sekitar pukul 11.20 WIB.

Kepala Negara beserta rombongan lepas landas melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Sabtu (26/8/2017).

Tiba di Kota Bandung pukul 11.45 WIB, Presiden dan Ibu Iriana akan menghadiri sekaligus mengawali Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017.

Karnaval yang mengangkat tema "Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama" tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Karnaval ini juga akan dimeriahkan oleh berbagai komunitas, tidak hanya yang berasal dari Kota Bandung dan Jawa Barat, tetapi juga mengundang kota-kota yang sering mengadakan festival tingkat internasional, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Karnaval Kemerdekaan muncul untuk menyambut ide Presiden Jokowi yang ingin agar Karnaval Kemerdekaan diadakan berpindah-pindah dari satu daerah ke daerah lain, tidak hanya berpusat di Jakarta agar kegembiraan kemerdekaan dirasakan oleh semua daerah.

Pada tahun 2015, perayaan bertajuk Karnaval Khatulistiwa diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat, dilanjutkan dengan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Parapat dan Balige, Sumatra Utara, tahun 2016.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimulai Pukul 14.00 WIB

Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan dalam rangka peringatan HUT ke-72 RI akan dimeriahkan 2.500 peserta. Karnaval ini merupakan penutupan Bulan Kemerdekaan yang dimulai sejak 1 Agustus lalu.

Karnaval Kemerdekaan tersebut akan dihadiri ribuan peserta perwakilan budaya dari 13 provinsi, 20 kabupaten di Jawa Barat, 43 komunitas, serta perwakilan penyelenggara festival dan karnaval dari berbagai daerah.

Karnaval akan dimulai dari depan Gedung Sate. Dari sana, peserta menuju ke Taman Vanda melalui Jalan Ir H Juanda (Jalan Dago) dan Jalan Merdeka menuju alun-alun.

Dalam Karnaval Kemerdekaan, masyarakat akan dimanjakan dengan deretan pakaian adat yang digunakan oleh ribuan peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengatakan, Karnaval Kemerdekaan akan dimulai pada pukul 14.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.