Sukses

Alasan Meikarta Jadi Investasi Hunian Terbesar di Asia Tenggara

Dikelilingi Berbagai Infrastruktur dan Menjadi Pusat Keuangan Membuat Meikarta Jadi Investasi Hunian Terbesar.

Liputan6.com, Jakarta Di Cikarang, Jawa Barat, sekarang ini tengah dibangun sebuah kota modern berskala internasional. Kota ini pun digadang-gadang menjadi investasi hunian terbesar di Asia Tenggara. Kota yang dibangun oleh Lippo Group ini bernama Meikarta.

Kota seluas 22 juta meter persegi tersebut diklaim sebagai proyek investasi Lippo terbesar selama 67 tahun. Tak heran, karena nilai total proyek ini mencapai Rp 278 triliun.

"Ini adalah inisiatif besar dari Lippo membangun kota Jakarta baru yang punya desain, infrastruktur berskala internasional, dan bisa bersaing di dunia. Meikarta akan jadi kota terindah dan terlengkap di Asia Tenggara," ujar CEO Lippo Group, James Riady, beberapa waktu lalu.

Ada beberapa alasan mengapa Meikarta disebut-sebut sebagai investasi hunian terbesar di Asia Tenggara. Pertama, Meikarta akan membangun 200.000 unit hunian vertikal atau apartemen. Unit-unit ini pun ditawarkan Lippo Group dengan harga cukup miring.

Satu unit apartemen dijual mulai dari harga Rp 127 jutaan. Pembeli cukup memberi booking fee sebesar Rp 2 juta dan uang muka sebesar 10 persen. Selanjutnya, pembeli bisa melakukan cicilan hingga 10 tahun alias Rp 1 juta per bulan. Penawaran harga miring ini pun membuat Lippo Group berhasil menjual belasan ribu unit dari penjualan tahap pertama.

Pada penjualan tahap I Mei lalu, sebanyak 16.800 unit apartemen telah terjual. Museum Rekor Indonesia (MURI) pun memberikan penghargaan sebagai penjualan unit terbanyak dalam satu hari. Bahkan, CEO Meikarta, Ketut Budi Wijaya mengatakan, lebih kurang 100 unit juga sudah dipesan.

Kedua, berbagai inovasi infrastruktur akan dibangun mengelilingi kota Meikarta. Infrastruktur 1 adalah Bandara Internasional Kertajati, infrastruktur dua Sea Port Patimban, infrastruktur 3 LRT, dan infrastruktur 4 kereta cepat Jakarta-Bandung. Meikarta pun akan memiliki akses ke jalan tol layang Jakarta-Cikampek dan Monorail.

Selain itu, juga ada tujuh pusat perbelanjaan dengan total luas lahan 1,5 juta meter persegi, pusat kesehatan dan rumah sakit internasional, pusat keuangan internasional, hotel internasional bintang lima, teater opera dan pusat seni, serta perpustakaan nasional.

Ketiga, kota Meikarta akan menjadi pusat keuangan dan pendidikan. Berbagai perusahaan nasional dan internasional serta top universitas dan top sekolah akan dibangun di sana untuk meningkatkan pengetahuan para warga Meikarta.

Perusahaan nasional dan multinasional yang akan membangun bisnisnya di Meikarta antara lain Astra, Honda, Toyota, Suzuki, Mitsubishi, Isuzu, Panasonic, Toshiba, Hankook, dan Samsung. Lebih dari satu juta produk otomotif dan elektronik pun akan diproduksi di sana.

Sementara itu, di bidang pendidikan, kota Meikarta akan mendirikan, SD internasional dan sekolah nasional plus, SMP dan SMA nasional dan internasional, serta universitas nasional. Ditambah lagi dengan pusat riset industri, perpustakaan nasional, dan Sillicon Valley Indonesia.

Berada di koridor Jakarta-Bandung, kota Meikarta yang telah dirancang sejak 2014 ini diperkirakan akan selesai pada 2019-2020.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini