Sukses

Pengurus Baru Terbentuk, HKTI Komitmen Sejahterakan Petani

Ketua Umum HKTI Moeldoko mengatakan pihaknya berkomitmen penuh membangun inovasi demi menyejahterakan petani.

Liputan6.com, Jakarta - Kepengurusan baru Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) periode 2017-2020 resmi dikukuhkan dalam pelantikan dilakukan di kantor pusat HKTI di Jalan HOS Cokroaminoto, nomor 57, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis malam

Ketua Umum HKTI Moeldoko mengatakan pihaknya berkomitmen penuh membangun inovasi demi menyejahterakan petani.

Selain itu, HKTI juga selalu mengusung ambisi besar mewujudkan ambisi kedaulatan pangan Indonesia. Moeldoko mengatakan, HKTI sudah menyiapkan beberapa langkah untuk mewujudkan ambisi mulia itu.

"HKTI akan berperan sebagai 'bridging institution' dalam sistem inovasi pertanian,"kata Moeldoko dikutip dari Antara, Kamis 24 Agustus 2017 

Peran tersebut akan dimulai dengan membangun kemitraan riset dengan universitas, perusahaan, pemerintah, dan komunitas (civil society).

Mantan Panglima TNI itu menambahkan, jika ekosistem inovasi  kondusif, terutama dalam kebijakan inovasi, rantai nilai pertanian akan berkembang menjadi dunia agribisnis yang baik dan sehat.

Menurut peraih Bintang Adhi Makayasa 1981 itu, hal tersebut sudah terjadi di negara-negara maju.

"Salah satu upaya untuk menuju hal tersebut, HKTI merangsang tumbuhnya ekosistem inovasi dengan membangun tradisi baru dengan memberikan penghargaan,” imbuh Moeldoko.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Beri Penghargaan

Dalam kesempatan itu, HKTI memberikan penghargaan kepada Bupati Lingga, Alias Wello sebagai Kepala Daerah Perbatasan Peduli Pertanian. Alias diniali mampu mengundang banyak investor dalam bidang pertanian.

Penghargaan lainnya diberikan kepada Rahmah. Anak petani kopi pendiri PT Ketiara bersama komunitas perempuan petani kopi di Takengon, Aceh Tengah, memperoleh penghargaan sebagai Pemberdaya Petani Wanita.

Tekad Rahmah untuk meningkatkan penghasilan kaum petani perempuan sudah bisa terwujud meski baru di sekitar lingkungannya.

Sementara itu, Mulyati Gozali menerima penghargaan sebagai Pemberdaya Petani Anggur karena kiprahnya di kawasan Bali Utara.

Saat ini, masyarakat petani anggur binaan Mulyati memiliki kehidupan yang lebih sejahtera.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko

  • HTKI