Sukses

Komisi IX DPR Puas atas Pelayanan Kesehatan Haji Aceh

Liputan6.com, Jakarta Komisi IX DPR RI yang membidangi masalah kesehatan menaruh perhatian khusus terhadap pelayanan kesehatan kepada jama'ah haji, baik dalam masa persiapan, pelaksanaan, maupun pasca pelaksanaan musim haji. Oleh karena itu, Komisi IX senantiasa melakukan pengawasan pelayanan kesehatan haji yang dilakukan oleh Pemerintah cq Kementerian Kesehatan.

Hal ini diungkapkan Dede Yusuf Macan Effendi selaku Ketua Tim Panja Kesehatan Haji Komisi IX DPR kepada wartawan usai meninjau Asrama Haji Aceh, baru-baru ini.

Dede mengatakan, Tim Panja Kesehatan Haji Komisi IX merasa puas dengan penyelenggaraan pelayanan bagi para calon jama'ah haji di Embarkasi Aceh. "Semuanya serba bagus dan bersih. Kamar mandi bersih, kamar tempat tidur bagus dan ber-AC, tempat makan berbentuk restoran mirip restoran Minang dan ber-AC pula, dapurnya pun bersih dan pelayan pemasaknya juga berseragam rapih, jadi secara keseluruhan cukup nyaman," ujar Dede.

Ia juga mengatakan, fasilitas pelayanan kesehatan haji sudah cukup baik. Pelayanan kesehatannya juga sudah cukup baik, seperti kita lihat tadi kamar tidur, kamar mandi dan ruang makan maupun dapur masaknya."Jadi intinya, Tim Panja Kesehatan Haji Komisi IX ke Embarkasi Haji Aceh ingin melihat kesiapan pelaksanaan pelayanan kesehatan jama'ah haji secara menyeluruh di Provinsi Aceh," pungkasnya.

Di tempat yang sama Plt Kakanwil Kemenag Aceh, Asy'ari mengatakan, terkait masalah kesehatan jama'ah haji telah dilakukan sosialisasi dalam berbagai kegiatan."Untuk persiapan kesehatan jama'ah haji jauh-jauh hari telah kita lakukan di berbagai mimbar, seperti yang dilakukan oleh penyuluh di tingkat desa," ungkapnya.

Asy'ari juga mengatakan, hingga saat ini kesehatan jama'ah haji Aceh berjalan dengan baik, dan tidak ada kendala. Semua yang ada di Arab Saudi dalam keadaan sehat wal'afiat, kalau pun ada cuma sakit ringan, ada juga sebagian batal berangkat karena sakit atau meninggal dunia sebelum keberangkatan.

Sementara salah seorang jama'ah haji asal Aceh Tengah, Nirfan Jayan menyampaikan bahwa pelayanan jama'ah haji di Aceh sudah cukup baik. "Berbagai pelayanan yang diberikan oleh pihak asrama haji, Alhamdulillaah, semuanya pelayanannya bagus," ucapnya menanggapi pertanyaan Ketua Tim.

Nirfan menambahkan dan menyatakan setuju jika dana haji digunakan pemerintah untuk pembangunan infrastruktur haji. "Saya pribadi setuju jika dana haji digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Namun jangan lupakan infrastruktur haji," ungkap Nirfan.

 

 

(*)

 

 

Artikel Selanjutnya
DPR Masih Dipercaya Untuk Salurkan Aspirasi
Artikel Selanjutnya
Masa Sidang 2016-2017, DPR Tuntaskan 17 RUU Jadi UU