Sukses

Reaksi JK Diserang Hoax soal Kesehatan Memburuk

Bukan pertama kali JK diserang hoax di media sosial. Tidak hanya soal kesehatan, tapi terkait kegiatan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Jagad media sosial dihebohkan dengan kabar kesehatan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK yang memburuk. JK pagi dikabarkan terserang stroke.

Kabar itu tentu tidak benar. Sampai saat ini JK dalam keadaan sehat wal afiat. Pria berkaca mata itu juga awalnya tidak tahu perihal kabar bohong alias hoax terkait kondisi kesehatannya.

"Saya juga tidak tahu, saya nanti di sini, baru saya tahu pagi-pagi. Tapi rupanya Uceng (Juru Bicara JK Husain Abdullah) sudah jelaskan," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (25/8/2017).

JK memang bukan pertama kali diserang hoax di media sosial. Tidak hanya soal kesehatan, tapi terkait kegiatan sehari-hari.

Pria asal Makassar itu ingat betul ada foto yang juga dibelokkan faktanya. Kejadiannya pada 2015 lalu.

Saat itu, JK akan berangkat ke Filipina untuk menghadiri acara APEC. Kebetulan ada pesawat ambulans yang rencananya dibeli PMI. Pesawat itu tiba di Jakarta sehari sebelum JK berangkat ke Filipina.

Sebelum berangkat, dia menyempatkan diri meninjau pesawat ambulans berwarna putih yang akan dibeli PMI itu. Tapi, pesawat itu tidak jadi dibeli kemudian dioperasikan oleh perusahaan.

Dalam foto yang beredar, memang terlihat kerumuman orang tepat di depan pintu pesawat. Beberapa orang berpakaian polisi dan TNI hanya memandang ke arah kerumunan.

Foto itu kemudian digunakan untuk menyebar berita bohong. Melalui foto kerumunan itu, JK digambarkan sedang dalam keadaan gawat darurat sampai harus dilarikan ke rumah sakit menggunakan pesawat ambulans itu.

"Itu saja, saya cuma pergi lihat karena baru tiba kemarinnya. Saya ketemu pilotnya bagaimana, padahal saya mau ke Filipina," jelas JK.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penejelasan Jubir

Sebelumnya, Jubir Wakil Presiden Husein Abdullah melalui pesan tertulis menyatakan, JK dalam keadaan sehat dan sedang sibuk dengan tugas pemerintahan.

"Termasuk bikin puisi jelang acara 50 tahun pernikahannya," ujar Husein, Jumat (25/8/2017).

Husein juga minta doa agar JK senantiasa di beri kesehatan.

"Yang beredar itu foto lama," kata dia.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK

  • Hoax