Sukses

Amankan Idul Adha, Polda Metro Terjunkan 8 Ribu Personel

Suntana mengimbau agar masyarakat bertakbir di lingkungan sekitarnya saja, tak perlu berkeliling di jalan raya.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha 1438 H jatuh pada 1 September 2017. Mengingat akan terjadi potensi libur panjang yang berimbas pada kepadatan jalan, Polda Metro Jaya akan menerjunkan 8.000 personel di seluruh wilayahnya.

"Polisi menurunkan hampir 7 ribu hingga 8 ribuan personel, plus dinas terkait mungkin hampir 9 ribu hingga 10 ribuan di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya," kata Wakapolda Brigjen Pol Suntana di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (25/8/2017).

Suntana juga mengimbau agar masyarakat bertakbir di lingkungan sekitarnya saja dan tak perlu berkeliling di jalan raya.

"Jadi bertakbirlah di lingkungan dan masjid masing-masing dan musala sambil berintrospeksi," imbau jenderal bintang satu ini.

Selain di Jakarta, polisi juga bersiap mengamankan arus mudik dan balik, stabilitas pangan, serta gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Intinya kita ini menyamakan persepsi, pertama adalah untuk antisipasi arus mudik dan balik. Ini wake up call, alarm, supaya di-follow up dengan rapat yang lebih teknis, baik di tingkat pusat atau wilayah," ujar Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awal Bulan Zulhijah

Kementerian Agama memastikan awal bulan Zulhijah 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu, 23 Agustus 2017. Kepastian itu diperoleh setelah dilakukan sidang isbat yang melibatkan sejumlah kalangan dari ormas Islam, akademisi, dan perwakilan Kementerian Agama.

"Hilal sudah dapat dipastikan ada. Berdasarkan dua pandangan yang menjadi tradisi Indonesia, kita tetapkan 1 Zulhijah jatuh pada hari Rabu kliwon tanggal 23 Agustus 2017," ujar Sekjen Kemenag Nur Syam di Jakarta, Kamis 22 Agustus 2017.

Dengan diputuskannya awal bulan Zulhijah, Nur memastikan, Hari Raya Idul Adha 2017 atau 10 Zulhijah jatuh pada Jumat, 1 September 2017.

"Oleh karena itu, kapan itu Idul Adha? Sepuluh hari dari besok," tandas Nur Syam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha

Video Terkini