Sukses

Dirlantas: Polantas Pungli dan Nyabu Memang Nakal dan Bolos Kerja

Para polisi yang terbukti bersalah melakukan pungli di Tol Semanggi dan konsumsi sabu terancam dipecat dari kepolisian.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah oknum anggota Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro kedapatan melakukan pungutan liar atau pungli, terhadap pengemudi di exit Tol Semanggi, Jakarta. Bahkan ada oknum polisi yang mengonsumsi sabu sebelum memungut.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra mengaku, belum mendapatkan perkembangan signifikan mengenai pemeriksaan oknum polisi itu. Namun, sebagian polisi ini memang dikenal bandel.

"Memang ada yang nakal. Ada yang tak pernah masuk," ujar Halim di Mapolda Metro Jaya, Kamis 24 Agustus 2017.

Namun, Halim enggan membeberkan identitas anggota yang dimaksud. Yang jelas, ia menyesalkan tindakan anak buahnya itu karena telah mencoreng nama baik institusi Polri.

"Ya jelas lah, menyesalkan. Kita berbuat baik mengangkat citra Polri, tapi ada anggota yang mencederai," tutur dia.

Mantan Dirlantas Polda Papua itu memastikan, pihaknya akan menjatuhkan sanksi kepada anak buahnya yang terbukti bersalah sesuai tingkat pelanggarannya. Bahkan sanksi terberat berupa pemecatan sekalipun.

"Pasti ada tindakan. Kayak Sabtu kemarin. Kalau ada anggota yang melanggar kami proses atau dipecat, kalau baik kami berikan reward," tandas Halim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Enam Polantas

Enam anggota Ditlantas Polda Metro Jaya kedapatan tengah melakukan pungli terhadap pengendara yang keluar di Tol Semanggi, Selasa 22 Agustus 2017 malam. Dua polisi berinisial Brigadir DF dan Brigadir HPS ditangkap.

Sementara empat lainnya yakni Brigadir RF, Briptu MT, Bripda AP, dan satu lagi belum teridentifikasi kabur dari kejaran. Dalam penangkapan itu, anggota Propam Polri mendapati barang bukti sabu dan alat hisapnya di mobil Brigadir DF.

Berdasarkan pemeriksaan sementara, DF mengakui barang haram itu adalah miliknya. Oknum polisi itu juga mengaku telah mengonsumsi sabu sebelum melakukan pungli. DF mengonsumsi sabu bersama Brigadir RF.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.