Sukses

Gelar Kuliah Perdana, ATVI Ingatkan 2 Hal Penting

Ada 205 mahasiswa baru yang ikut dalam ATVI pada angkatan 2017/2018.

Liputan6.com, Jakarta - Akademi Televisi Indonesia (ATVI) memulai kuliah perdananya di Studio 6 Emtek City, Jakarta Barat. Direktur ATVI, Eduard Depari memberikan sambutan sekaligus ucapan selamat datang kepada para mahasiswa baru.

"Saya ingin menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru ATVI dan official karena secara resmi anda menjadi warga mahasiwa akademik, yang dalam bahasa kerennya civitas akademika," ujar Eduard di Studio 6 Emtek City, Jakarta Barat, Rabu (23/8/2017).

Selain ucapan selamat datang, Eduard pun menyampaikan ATVI melihat dua fenomena dalam situasi sosial saat ini. Kondisi tersebut akan dihadapi dengan cara proaktif agar tidak masuk dalam lingkungan kampus.

"Paling tidak ada dua hal yang merupakan keprihatinan masyarakat dan menjadi penyakit sosial yang melanda banyak remaja dan generasi muda saat ini, kami akan cegah dengan serius supaya tidak melanda mahasiswa di ATVI," ucapnya.

Pertama, lanjut Eduard, adalah narkoba dan konsumsinya. Dia menegaskan, ATVI akan menindak tegas siapapun mahasiswa yang menggunakan obat-obatan terlarang narkoba.

"ATVI tidak pernah menggembar-gemborkan slogan kampus bebas narkoba, namun secara proaktif kami bertindak dalam mencegah bahkan mengeluarkan mereka (mahasiswa) yang terlibat dalam narkoba," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tangkal Radikalisme

Yang kedua, lanjut Eduard, ATVI menangkal radikalisme yang mencoba masuk ke dalam dunia kampus. Radikalisme bukan saja secara politis bertentangan dengan ideologi negara, tetapi secara hakiki bertentangan dengan kebebasan harga diri.

"Ini yang substansial mengapa kita harus menolak radikalisme di kampus," tegas dia."

Menurut dia, radikalisme bersifat apriori terhadap perbedaan pendapat. Mereka yang berjiwa radikal menganggap kebenaran ada pada sisinya serta didefinisikan sesuai kehendaknya.

"Mereka juga akan memaksakan pendapatnya," jelas Eduard.

Eduard pun berpesan kepada para mahasiswa baru agar tidak sekalipun menggunakan narkoba dan tidak terlibat dengan radikalisme. Para mahasiswa dapat belajar dengan baik di ATVI.

Sementara Wakil Direktur I ATVI, Ciptono Setyabudi, menyebut ada 205 mahasiswa baru yang masuk pada angkatan 2017/2018. Para mahasiswa itu direncanakan akan dibagi dalam 6 kelas.

"Dibagi dua peminatan, satu peminatan produksi TV, satu lagi peminatan jurnalistik. ATVI juga mengembangkan beberapa kerja sama dengan lembaga sertifikasi," tutur Cipto.

Terkait kuliah perdana yang dilangsungkan hari ini, Cipto menjelaskan akan ada pemaparan ataupun pemberian materi dari produser ternama Mira Lesmana, pemilik Miles Production.

"Acara hari ini meliputi pelantikan mahasiswa baru, selamat datang mahasiswa baru, penyerahan jaket, almamater, dan kuliah umum. Kuliah perdana ini, kuliah regulernya nanti mulai tanggal 28. Dan ada Mira Lesmana," tutup Cipto.

Pantauan Liputan6.com, beberapa petinggi Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group nampak hadir. Mereka di antaranya adalah Direktur Utama Indosiar Imam Sudjarwo dan Pemimpin Redaksi Indosiar SCTV Mohamad Teguh.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.