Sukses

Khofifah Diam-Diam Temui Jokowi Sebelum HUT RI, Bahas Pilkada?

Khofifah sudah mantap maju di Pilkada Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial Khofifah Indarparawansa diam-diam menemui Presiden Joko Widodo. Diduga, pertemuan itu berkaitan dengan rencana Khofifah maju Pilkada Jawa Timur 2018.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi menyebut, pertemuan itu juga dihadiri Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

"Salah satu yang dibahas waktu itu, lupa saya, sebelum 17 Agustus. Salah yang dibahas soal itu (Pilkada Jawa Timur)," kata Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Johan mengaku tak tahu persis isi pertemuan itu. Ia juga tidak bisa mengonfirmasi penyerahan surat pengunduran diri Khofifah sebagai Menteri Sosial agar dapat maju pada Pilkada Jawa Timur.

"Nah detail isinya apa, apakah membahas soal dia maju pilgub apa enggak, saya tidak tahu detailnya," imbuh dia.

Johan memastikan, sampai kemarin belum ada surat pengunduran diri dari Khofifah sebagai Menteri Sosial.

"Sampai kemarin belum ada soal pengunduran diri. Hari ini, kalau kamu bilang ada pengajuan pengunduran diri ya harus dicek dulu," ujar Johan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancang-Ancang

Khofifah sudah memastikan akan ikut dalam pertarungan Pemilihan Gubernur jawa Timur dalam Pilkada langsung serentak tahap III pada 2018.

Namun saat itu, Khofifah mengaku belum lapor ke Jokowi.

"Ibarat kita mau turun di sirkuit, lapangannya sudah running well. Jika semua siap, baru saya melapor ke bapak Presiden," ungkap Khofifah di Bengkulu, pada 12 Agustus 2017.

Saat ini, ia sedang membangun komunikasi dengan para pemimpin partai politik. Tidak hanya dalam posisi sebagai menteri, komunikasi juga dilakukan berkaitan dengan kapasitasnya sebagai pimpinan salah satu organisasi perempuan di Indonesia.

Ia merasa tak etis jika dalam posisi sebagai menteri, terlalu sibuk mengurusi politik terkait Pilkada. Apalagi jabatan menteri sosial yang ada di pundaknya sangat dinamis dan membutuhkan energi secara cepat.

"Sangat tidak etis, jika saya mengabaikan tugas yang sedang saya emban. Sekali lagi jawaban saya tetap sama, konsolidasi sedang berjalan. Jika semua sudah tertata, baru saya lapor presiden," kata Khofifah.

 

Saksikan video di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.