Sukses

Vietnam Undang DPD RI Hadiri APPF 2018

Vietnam undang DPD RI untuk hadiri Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) yang akan berlangsung pada Januari 2018 nanti.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Oesman Sapta mengatakan hubungan bilateral Indonesia dengan Vietnam diberbagai sektor semakin meningkat. Khususnya untuk sektor ekonomi, Ia berharap kerjasama antara kedua negara dapat lebih ditingkatkan.

“Pertemuan ini banyak mengarah ke sektor ekonomi. Bagaimana mempercepat pertumbuhan kedua negara di bidang ekonomi,” ujarnya usai menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong beserta anggota Komite Sentral Partai Komunis Vietnam merangkap menteri kabinet Vietnam di Ruang Delegasi Ketua DPD RI, Gedung Nusantara III, Selasa (22/8).

Pertemuan ini dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono dan sejumlah anggota Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP).

Oesman Sapta menambahkan, pertemuannya belum secara spesifik membahas bentuk kerjasama yang akan terjalin ke depannya karena delegasi Vietnam belum bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Oesman Sapta menjelaskan pertemuan juga membahas tentang hubungan diplomasi yang terjalin diantara kedua negara, khususnya kerjasama antar parlemen.

DPD RI berharap kerjasama antar parlemen dapat lebih ditingkatkan, hal ini dibuktikan dari undangan pihak Vietnam untuk menghadiri Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) yang akan berlangsung pada Januari 2018 mendatang.

“Tapi kita masih belum menjawab, kita masih liat situasinya seperti apa nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono menambahkan, parlemen Vietnam juga memiliki kaukus parlemen seperti halnya parlemen di Indonesia.

“Mereka juga punya kaukus parlemen seperti kita, artinya kita bisa menjalin hubungan yang lebih berkualitas lagi dengan Vietnam,” ujar Nono.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.