Sukses

Yehezkiel Bangun Organisasi Kampus Dengan Rumus E=MC2

Liputan6.com, Jakarta Nilai lebih dari sebuah perguruan tinggi tidak hanya dapat dilihat dari kemampuannya menghasilkan lulusan yang pandai secara akademik. Sebab, di zaman globalisasi seperti sekarang ini kemampuan komunikasi dan rasa percaya diri yang tinggi paling dibutuhkan untuk membangun networking.

Salah satu perguruan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan dengan kategori di atas adalah President University. President University terbukti mampu menghasilkan lulusan yang komplet. Selain pintar, yang bisa dilihat dari 82 persen lulusannya memiliki IPK 3,5, mereka juga banyak memiliki mahasiswa bertalenta hingga di level internasional, seperti yang disampaikan Wakil Rektor III, bidang Kemahasiswaa & Alumni, Agus Canny.

Jika membuat mahasiswa pandai adalah tugas para dosen, maka kewajiban untuk mengasah talenta atau bakat mahasiswa adalah tugas President University Student Union (PUSU) atau lebih dikenal dengan nama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), yang secara struktur organisasi berada di bawah koordinasi dan tanggung jawab Wakil Rektor III, bidang Kemahasiswaa dan Alumni.

Ada satu sosok yang punya peran dalam menempatkan PUSU sebagai ujung tombak aktivitas di kampus, sehingga suasana kampus lebih hidup dengan berbagai event yang digelar. Sosok itu adalah Yehezkiel Kristianto, yang belum lama ini dipercaya sebagai Presiden PUSU 2017. Pria kelahiran Cimahi 3 September 1997 ini adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (HI) angkatan 2015.

Lulusan SMAK BPK Penabur Bandung tersebut memilih President University karena kampus yang berada di Cikarang, Bekasi, ini merupakan salah satu Universitas English-speaking di Indonesia dan menurutnya fasih berbicara Bahasa Inggris adalah salah satu bekal penting untuk generasi muda berkompetisi di level internasional.

“Untuk itu saya mengambil jurusan HI, karena di HI akan mengasah kemampuan saya dalam bidang analisis, penelitian, berpikir kritis dan pengembangan, yang akan membantu saya menjadi pemimpin masa depan yang dapat berkomitmen memberi kontribusi kepada negara dan masyarakat,” ujar Yehezkiel, di sela-sela kesibukkannya mempersiapkan Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72 di lingkup President University dan Jababeka Group beberapa waktu lalu.

Begitu menyandang status mahasiswa, Yehezkiel sudah langsung aktif di organisasi PUSU, tepatnya sejak November 2015. Tugasnya adalah meneliti BEM lain dan mengimplementasikan program-program baru dari hasil penelitian tersebut untuk generasi PUSU selanjutnya.

“Berorganisasi merupakan passion saya dan itu membantu saya dalam meningkatkan kerja sama tim dan membangun relasi satu dengan yang lain, di mana akan sangat bermanfaat ketika saya memasuki dunia kerja,” ucap pria berkacamata itu.

Hanya butuh waktu satu tahun aktif di PUSU, Yehezkiel sudah berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan pendahulunya dengan menjadi Presiden PUSU 2017.

“Visi PUSU adalah bekerja keras dalam mengembangkan dan memacu mahasiswa President University untuk memberikan kontribusinya yang terbaik kepada universitas dan masyarakat. Sementara misinya adalah menggunakan Rumus E=MC2, yaitu Excellent = Management Communication Cooperation,” kata Yehezkiel.

Lebih lanjut, ia menjabarkan rumus E=MC2. Management artinya mahasiswa dapat mengorganisir kinerja dan tanggung jawab mereka sebagai anggota PUSU dan President University. Communication, membangun komunikasi yang baik dengan semua instansi di President University. Cooperation adalah membangun dan menjalankan kerja sama yang efektif dan efisien antara semua instansi di President University.

Sebagai organisasi sentral di kampus, PUSU adalah otak dari berbagai kegiatan atau event. Tercatat banyak event yang rutin digelar, baik yang melibatkan mahasiswa, staf pengajar, maupun pihak eksternal. Belum lama ini, mereka sukses menyelenggarakan Indonesia Independence Day Celebration with PU, kemudian juga ada Excellent Quiz, Excellent Days with PUSU, dan President Store E-commerce.

Event lain yang tidak kalah berbobotnya adalah Dies Natalis, Student Orientation, President Youth Leadership Camp, President University Got Talent, Sport Olympiad President University , Mr & Ms President University, Grant of Hopes, International Student Orientation, dan International Student Support.

“PUSU memberikan kontribusi bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dan mengasah talenta mereka. PUSU membuktikan bahwa mahasiswa-mahasiswa President University adalah mahasiswa yang berkompeten, baik di tingkat lokal maupun internasional, dan membuktikan bahwa kami adalah pemimpin masa depan,” ujar Yehezkiel.


(*)

Artikel Selanjutnya
Anak Tumbuh Cerdas di Meikarta
Artikel Selanjutnya
Merokok Tidak Sesuai dengan Ajaran Hindu