Sukses

Sodik DPR: Jangan Jadikan Haji Objek Dagang

Menurut Sodik, menjadi kewajiban Kementerian Agama untuk mengedukasi KBIH.

Liputan6.com, Mekah - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid memberi pesan khusus kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), untuk tidak menjadikan haji sebagai objek dagang.

Hal ini disampaikan Sodik terkait adanya praktik percaloan yang melibatkan oknum KBIH. Temuan di lapangan, percalonan itu terkait dengan pembayaran dam atau denda, mencium hajar aswad, dan mendorong kursi roda.

Menurut dia, sudah menjadi kewajiban Kementerian Agama untuk mengedukasi KBIH. Edukasi itu tidak hanya terkait dengan proses bimbingan ibadah, tapi juga terkait larangan percaloan pembayaran dam dan fasilitas kursi.

"Jangan jadikan haji sebagai objek dagang. Kalau KBIH dapat kompensasi wajar, saya kira itu wajar, tapi jangan menjadikan jemaah haji sebagai eksploitasi usaha dari KBIH," ujar Sodik di Mekah, Selasa 22 Agustus 2017.

Sodik mengatakan, terkait sanksi petugas KBIH yang terbukti jadi calo, sudah ada regulasinya dan sosalisasinya.

"Tidak ada salahnya diterapkan. KBIH yang melakukan penyimpangan harus diatur," kata dia.

Sodik juga minta  agar memberikan layanan kepada jemaah sebaik mungkin sebagai tamu Allah.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.