Sukses

Menengok Kehangatan Sukarno dengan Anak-Anak

Liputan6.com, Jakarta - Presiden pertama RI Sukarno dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan rakyat. Dia tidak segan menyapa rakyat dari jarak dekat. Beberapa potret kedekatan itu tergambar dalam pameran bertajuk "Sukarno: Besar Bersama Rakyat" di Aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta.

Beberapa foto yang ditampilkan menunjukkan Sukarno merupakan sosok yang sangat hangat dengan rakyat sekalipun itu anak-anak.

Dalam sebuah foto, Sukarno duduk beralaskan tanah. Belasan anak-anak dengan bebas mendekatinya.

Seorang anak bahkan dipangku di atas paha kanan Sukarno. Seorang anak lain yang duduk di sisi kaki kiri, dirangkul dengan tangan kirinya.

Anak lainnya tidak ragu memegang pundak Sukarno yang saat itu mengenakan setelah jas putih dengan peci hitam yang biasa dikenakannya. Anak-anak lainnya tanpa ragu mengerubungi. Ada yang duduk, berdiri, bahkan menatapnya.

Satu yang terlihat sama adalah senyum anak-anak dan Sukarno. Dalam foto tergambar jelas senyum lebar anak-anak ketika berada di samping Presiden pertama RI itu. Bahkan, gigi ompong anak-anak juga terlihat jelas dari foto itu.

"Ini sangat menunjukkan Presiden Sukarno dekat dengan anak-anak. Ini terlihat sangat natural. Karena apa? Karena Presiden Sukarno juga tulus menyayangi mereka. Jadi aura positif itu juga bisa diterima oleh anak-anak," kata Kepala Biro Tata Usaha Setneg Sari Harjanti saat berbincang dengan Liputan6.com, di lokasi, Selasa (22/8/2017).

Pameran Sukarno di Aula Gedung III Kemensetneg, Jakarta (Liputan6.com/ Ahmad Romadoni)

Hanya saja, Sari tidak bisa menjelaskan kapan dan di mana foto itu diambil. Mengingat, data dari foto dan arsip yang dimiliki Kemensetneg tak semuanya lengkap.

"Itulah kendala yang kita alami. Tidak semua arsip yang kita miliki datanya lengkap. Jadi, kita tidak berani menuliskan waktu pasti peristiwa itu. Jadi, kami hanya menampilkan foto saja. Biar foto yang bicara," imbuh Sari.

Beberapa foto lainnya juga tak kalah menarik. Sukarno terlihat tidak ragu mendekati anak-anak yang berkumpul dekat dengan dia saat itu. Dia tertangkap kamera selalu menyentuh wajah anak-anak itu.

Dari tujuh foto yang memperlihatkan kedekatan Sukarno dengan anak-anak, hanya satu yang memiliki catatan. Di bawah foto tertulis "Presiden Sukarno Beramah-tamah dengan anak-anak di Barabai, Kalimantan Selatan, 28 Januari 1953".

Foto itu menunjukkan Sukarno sedang menghampiri seorang bayi yang digendong oleh ibunya. Sukarno menghampiri bayi itu. Sambil tersenyum, tangan kirinya menyentuh sang bayi. Bayi itu juga membalas dengan senyum.

Sari menjelaskan, 120 foto Sukarno dengan berbagai kegiatan ditampilkan dalam pameran ini. Foto yang ditampilkan hampir semua belum pernah dipublikasi di mana pun sebelumnya.

"Hampir semua belum pernah dipublikasi. Dan di sini kita bisa melihat sisi humanis dari seorang Sukarno," imbuh dia.

 

Saksikan video di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Cerita Mensos Khofifah Pakaikan Mukena Jemaah Haji dari Myanmar
Artikel Selanjutnya
Ibu, Ini Rahasia Bikin Anak-anak Betah di Rumah