Sukses

Rombongan Amirul Hajj Laksanakan Umrah Qudum

Rombongan Amirul Hajj tiba di Masjidil Haram sekitar pukul 23.30 waktu Arab Saudi atau waktu pagi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Amirul Hajj yang juga Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beserta delegasi telah melaksanakan umrah qudum, Selasa dini hari di Masjidil Haram, Mekah. Delegasi tiba di Arab Saudi dua hari lalu atau Minggu, 20 Agustus melalui Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah.

Sebelumnya, dua hari di Jeddah, Menag bersama delegasi Amirul Hajj menerima laporan dari jajarannya, terkait progres penyelenggaraan haji dan persiapan fase puncak, yaitu Arafah-Muzdalifah-Mina atau Armina

Menjelang puncak haji yang tidak lebih dari sepekan lagi, suasana Masjidil Haram, Mekah, semakin padat. Jutaan orang jemaah calon haji seluruh dunia memadati Masjidil Haram, khususnya pada malam hari.

Rombongan Amirul Hajj tiba di Masjidil Haram sekitar pukul 23.30 waktu Arab Saudi atau waktu pagi Indonesia. Menag dan jajaran Amirul Hajj langsung berbaur dengan ribuan umat Islam untuk menjalankan tawaf dan sai.

Bersama ribuan orang jemaah, Menag memutari Baitullah Kabah sebanyak tujuh kali, dilanjutkan sai dengan berjalan di antara bukit Shafa-Marwah sebanyak tujuh kali. Sekitar pukul 01.30, Menag beserta rombongan menyelesaikan umrah wudumnua ditandai dengan tahalul atau mencukur sebagian rambutnya.

Usai melaksanakan umrah qudum, Menag Lukman Hakim menyempatkan diri menyapa jemaah Indonesia yang tengah berada di Masjidil Haram.

Masjidil Haram terus dipadati oleh jemaah calon haji dari berbagai dunia, saat ini tercatat sudah ada 165.486 jemaah Indonesia yang sudah tergabung dalam 412 kelompok terbang atau kloter yang sudah berada di Kota Suci Mekah.

Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan terus berdatangannya jemaah haji Indonesia sampai 27 Agustus mendatang.


Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.