Sukses

Kemensetneg Gelar Pameran Arsip tentang Sukarno

Pameran yang digelar mulai 22-25 Agustus 2017 di Aula Gedung III Kemensetneg ini dibuka untuk umum dan gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Masih dalam rangka Bulan Kemerdekaan RI 2017, sebuah pameran bertema Sukarno: Besar Bersama Rakyat dibuka untuk umum dan gratis. Pameran yang digelar mulai 22-25 Agustus 2017 di Aula Gedung III Kemensetneg ini dibuka Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Selasa pagi.

"Acara ini bukan hanya ingin mengundang perhatian masyarakat terhadap arsip, tetapi bagaimana konten dari arsip ini menjadi sebuah pembelajaran yang luar biasa bagi kita semua," kata Pratikno di Gedung III Kemensetneg, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Dalam ruang pameran, penyelenggara memisahkan cerita tentang Sukarno ke dalam 8 sub bagian. Sub bagian itu yakni Cinta Sejati, Aku dan Anak-anak, Sang Orator, Aku dan Sahabat, Dalam Pengasingan, Mencerdaskan dan bersama Rakyat, Dunia Mengakui, serta Pemerintahan dan Pembangunan.

Tidak hanya itu, pengunjung juga disuguhi beberapa buku bacaan Sukarno dalam bahasa Belanda. Dalam buku itu juga terdapat tulisan tangan Sukarno yang berisi komentar atas tulisan dalam buku itu.

Pengunjung juga bisa berfoto dengan miniatur Sukarno yang tengah berada di dalam mobil. Latar foto ditampilkan saat Sukarno berkunjung ke Bandung, Jawa Barat.

"Kita ingin menunjukkan bukan hanya kecintaan masyarakat terhadap arsip tapi juga kita harus melindungi, arsip belajar darinya, dan memanfaatkannya juga agar masyarakat belajar tentang Sukarno. Jadi bagaimana Sukarno seorang Proklamator, seorang Presiden pertama," jelas Pratikno.


Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.