Sukses

Kronologi 2 Pegawai Pengadilan Negeri Jaksel Terjaring OTT KPK

KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dua pegawai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap dua pegawai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Salah satu pegawai yang ditangkap berprofesi sebagai panitera pengganti.

Humas PN Jakarta Selatan, Made Sutrisna mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Namun, dia belum bisa memastikan terkait apa pegawai di kantornya itu ditangkap KPK.

"Ini kami bukan mengatakan itu sebagai OTT ya, karena memang itu belum jelas juga. Tapi dijemput istilahnya ke sini," ujar Made di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Senin (21/8/2017).

Mula-mula, ungkap Made, penyidik KPK yang diperkirakan berjumlah sekitar 8-10 orang itu mengamankan seorang staf honorer berinisial T. Selanjutnya, mereka baru mengamankan panitera pengganti yang juga berinisial T alias TMZ.

"Kebetulan dua-duanya ini berinisial T," tutur dia.

TMZ yang diduga kuat bernama Tarmizi ini ditangkap di ruang kerjanya. Namun, hingga saat ini pihak PN Jaksel belum mengetahui terkait perkara apa dua pegawainya dijemput KPK. Apalagi mobil Tarmizi yang terparkir di area PN Jaksel ikut disegel KPK.

"Ditangkapnya bukan pas sidang. Sedang apa kami tidak tahu, yang jelas di lingkungan kantor ini," ucap Made.

Setelah melakukan penangkapan terhadap dua pegawai tersebut, KPK sempat kembali ke ruangan panitera pengganti yang ada di sebelah ruang tahanan. Penyidik KPK melakukan penyegelan terhadap meja dan lemari kerja TMZ.

Seorang pegawai yang enggan disebutkan namanya sempat melihat detik-detik TMZ diamankan penyidik KPK. Menurut dia, sejumlah penyidik KPK tiba-tiba merangsek masuk ke ruang panitera pengganti selepas zuhur.

"Enggak habis sidang. Habis salat (ditangkapnya). Saya saja kaget tadi ujug-ujug (tiba-tiba)," ujar pegawai wanita itu.

Menurut dia, sekitar delapan orang mengenakan pakaian biasa tiba-tiba masuk ke ruang kerja TMZ. Orang yang mengaku dari KPK ini lantas menyegel ruang kerja TMZ.

"Yang disegel tempat kerjanya, meja sama lemari. Enggak tahu kalau yang dibawa," tandas dia.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • OTT KPK dilakukan ke para pejabat yang terindikasi melakukan korupsi atau pungutan liar di Indonesia.

    OTT KPK

  • PN Jaksel