Sukses

JK: Pemerintah Terima Maaf Malaysia soal Bendera Terbalik

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Malaysia telah meminta maaf mengenai insiden Bendera Merah Putih terbalik di dalam buku panduan SEA Games 2017. Dia mengatakan, dengan permintaan maaf, masalah tersebut selesai.

"Ya sudah minta maaf, apa lagi. Dan pemerintah, menerima dengan terbuka. Semua orang bisa buat kesalahan," ucap Jusuf Kalla di Jakarta, Senin (21/8/2017).

Pria yang kerap disapa JK ini yakin, insiden bendera terbalik bukanlah perbuatan disengaja. Hal itu hanya masalah kesalahpahaman.

"Ini kesalahan teknis, bukan kesalahan yang disengaja. Tidak mungkin, pemerintahnya sengaja. Ini hanya yang kontrol di percetakannya yang mungkin tak paham," tegas JK.

Dia berharap, kejadian ini tak berulang. Dia meminta agar semua pihak harus lebih teliti lagi.

"Ya masing masing harus teliti. Ini soal ketelitian," pungkas Jusuf Kalla.

Gambar Bendera Merah Putih terbalik di dalam buku panduan SEA Games 2017. Di dalam buku tersebut, bendera Indonesia terbalik menjadi Putih Merah. Insiden ini menjadi viral setelah Menpora Imam Nachrowi mengungkapkan kekesalannya dengan berkicau di media twitter.

Pemerintah Malaysia melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin secara resmi meminta maaf atas kesalahan mencetak terbalik gambar bendera Merah Putih pada buku panduan SEA Games 2017.

Menteri Pemuda dan Olahrga Imam Nachrowi menyambut baik sikap Malaysia dan akan membawa surat resmi permintaan maaf tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Kasus ini selanjutnya dibahas di tingkat Menteri Luar Negeri kedua negara.

 

Saksikan video di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Lagi, 2 Insiden Baru soal Kekeliruan Bendera di SEA Games 2017
Artikel Selanjutnya
Kemlu: Insiden Merah Putih Terbalik, Malaysia Hanya Khilaf...