Sukses

Sambangi KPU, PSI Siap Ikut Verifikasi Parpol Pemilu 2019

PSI mengaku sudah melakukan persiapan administratif maupun faktual jauh-jauh hari.

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran petinggi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melakukan audiensi dengan komisioner KPU di kantor KPU Pusat, Jakarta. Mereka menanyakan terkait tahapan verifikasi parpol agar dapat mengikuti Pemilu 2019 mendatang.

"Menyamakan persepsi saja. Kan sudah mau masuk tahapan pemilu. Kami mau tahu saja untuk verifikasi, tahapannya dan apa saja yang dibutuhkan," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI, Raja Juli Antoni, Senin (21/8/2017).

Hadir dalam pertemuan tersebut, Komisioner KPU RI Hasyim Asy'ari. Sedangkan dari petinggi PSI, tampak Ketua Umum PSI Grace Natalie, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni, Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka, Ketua DPP PSI Tsamara Amany dan beberapa kader PSI lainnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Grace Natalie mengaku siap mengikuti verifikasi yang dilakukan KPU. Pihaknya sudah melakukan persiapan administratif maupun faktual jauh-jauh hari.

"Kami menyatakan diri siap diverifikasi karena pekerjaan administratif dan juga faktual di lapangan sudah kami lakukan jauh-jauh hari. Sudah hampir tiga tahun lalu," ujar Grace.

PSI, kata dia, sebelumnya juga sudah lolos verifikasi di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Oktober 2016 lalu. Hal tersebut dianggapnya dapat mempermudah dalam persyaratan mengikuti Pemilu 2019.

"Memang terbukti ketika diverifikasi oleh Kemenkumham dimana persyaratannya juga sama dengan yang diminta oleh KPU, PSI satu-satunya partai yang lolos diverifikasi tahun lalu," kata Grace.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.