Sukses

Infrastruktur Baru Gebrakan Jokowi

Rakyat di pinggiran, perbatasan, pulau terdepan, dan kawasan terisolasi harus merasakan kehadiran negara dan buah pembangunan.

Liputan6.com, Jakarta - Rakyat Indonesia di pinggiran, kawasan perbatasan, pulau-pulau terdepan, dan kawasan terisolasi harus merasakan kehadiran negara dan buah pembangunan. Inilah hasrat Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Untuk merealisasikan cita-cita itu, alokasi anggaran untuk pembangunan infrastruktur terus dilecut. Pada 2014, porsi anggaran infrastruktur terhadap total belanja negara hanya sebesar 8,7 persen. Setahun kemudian membesar menjadi 14,2 persen. Pada 2016 naik menjadi 15,2 persen. Tahun 2017 ini berada di level 18,6 persen.

Jokowi pun membuat gebrakan melalui berbagai infrastruktur baru. Sebut saja Trans Papua, Lintas Perbatasan Kalimantan, Trans Sumatera, PLTU Batang terbesar di ASEAN, dan Simpul Jalur Tol Laut.

Ditambah lagi dengan Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Skytrain Bandara Soekarno-Hatta, Satu Juta Rumah, dan Bendungan Jatigede.

Seperti apa detail infrastruktur baru gebrakan Jokowi, simak selengkapnya dalam Infografis berikut ini:

 

Saksikan Video Pembangunan Infrastruktur Era Presiden Jokowi:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.