Sukses

Karnaval Kemerdekaan Digelar di Bandung 26 Agustus

Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan naik Kereta Pancasila.

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah kembali menggelar karnaval kemerdekaan sebagai puncak perayaan bulan kemerdekaan. Pesta rakyat bertajuk ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Priangan 2017' rencananya digelar di Bandung, 26 Agustus mendatang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, karnaval kemerdekaan ini akan menjadi pesta rakyat yang menampilkan arak-arakan budaya nusantara sebagai representasi dari keberagaman suku dan budaya di Tanah Air.

"Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya. Pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval kelas dunia,” ujar Arief melalui pesan tertulis, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Ketua Panitia Nasional Karnaval Kemerdekaan Premita Fifi mengatakan, karnaval kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. 

"Panitia nasional hanya akan menjadi fasilitator. Konten dan pelaksanaan dari karnaval akan sepenuhnya menjadi kewenangan tuan rumah," ujar Premita.

Nantinya, yang menjadi motor acara adalah budayawan dan insan kreatif dari Kota Bandung. 

Kurator Karnaval yang juga budayawan Aat Suratin mengatakan, karnaval dengan tema 'Menyalakan Semangat Api Kerja Bersama' akan menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh nusantara. Ekspresi budaya yang beragam akan tercermin dari kostum peserta, juga seni tari, musik, dan rupa yang ditampilkan.

"Seluruh peserta karnaval, baik yang menampilkan budaya tradisional, maupun kontemporer akan mengekspresikan olah kreatif dari tema utama karnaval," ujar Aat.

Jokowi Hadir

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval dengan menaiki Kareta Pancasila, mobil hias yang dirancang oleh lima seniman asal Bandung.

Kareta Pancasila menyiratkan makna kerja budaya dan gotongroyong yang mengejawantah dalam laku budaya berupa kebersamaan.

Rangkaian kegiatan karnaval akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan panjang lintasan karnaval 2,2 km. Jalur karnaval membentang dari Gedung Sate sampai Balai Kota Bandung.

Aat Suratin mengatakan untuk membuat karnaval ini makin meriah, penyelenggara juga akan melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

Selain itu, karnaval kemerdekaan juga akan diramaikan rombongan rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.