Sukses

Kemenhub: 3 Orang Meninggal Per Jam Akibat Kecelakaan

Mayoritas kecelakaan lalu lintas terjadi disebabkan oleh faktor manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Angka kecelakaan di Indonesia masih tinggi. Rata-rata ada 3 orang meninggal dunia setiap jam akibat kecelakaan di jalan raya.

Kementerian Perhubungan melansir mayoritas kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia. Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto, melansir data kepolisian, mengatakan 61 persen kecelakaan terjadi karena faktor tersebut.

"Ini terkait dengan kemampuan serta karakter pengemudi, 9 persen disebabkan karena faktor kendaraan (terkait dengan pemenuhan persyaratan teknik laik jalan) dan 30 persen disebabkan oleh faktor prasarana dan lingkungan," kata Pudji dalam siaran pers yang dilansir Kemenhub dan Setneg, seperti dikutip Liputan6.com, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Oleh karena itu, Kementerian Perhubungan menggelar Acara Kampanye Keselamatan Transportasi Darat pada Minggu 20 Agustus 2017 di Jakarta. Kampanye keselamatan ini juga untuk mengisi peringatan kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 di lingkungan Kementerian Perhubungan.

"Kegiatan ini didedikasikan sebagai bentuk kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik tentang permasalahan keselamatan lalu-lintas jalan," ujar Pudji.

Menurut dia, data yang dikumpulkan kepolisian itu bukan hanya pemanis. Tapi juga bisa dijadikan renungan untuk lebih berhati-hati dalam berlalu lintas dan terhindar dari kecelakaan.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.