Sukses

Insiden Bendera Terbalik, Malaysia Tarik Buku Panduan SEA Games

Malaysia melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin secara resmi meminta maaf atas kesalahan mencetak bendera terbalik.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Malaysia melalui Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin secara resmi meminta maaf atas kesalahan mencetak terbalik gambar bendera merah putih pada buku panduan SEA Games 2017.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar Senin (21/8/2017), dalam keterangan pers bersama Menpora Imam Nachrowi dan Ketua KOI Eric Tohir di Kuala Lumpur, Malaysia. Pemerintah Malaysia mengakui insiden itu merupakan kesalahan pihak Malaysia dan segera menarik seluruh buku panduan SEA Games.

Menteri Pemuda dan Olahrga Imam Nachrowi menyambut baik sikap Malaysia dan akan membawa surat resmi permintaan maaf tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Kasus ini selanjutnya dibahas di tingkat Menteri Luar Negeri kedua negara.

Presiden Joko Widodo menyayangkan insiden tersebut karena mengganggu rasa nasionalisme. Insiden gambar bendera merah putih terbalik mewarnai malam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur.

Pada daftar negara peserta di halaman 80 gambar bendera bendera Indonesia yang seharusnya merah putih dicetak terbalik putih- merah. Insiden ini menjadi viral setelah Menpora Imam Nachrowi mengungkapkan kekesalannya dengan berkicau di media twitter.