Sukses

Jokowi Akan Hadiri Festival Prestasi Indonesia

Panitia Festival Prestasi Indonesia membagi 72 orang kandidat dalam empat kategori.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasil (UKP Pancasila) menyelenggarakan Festival Prestasi Indonesia di Jakarta Convention Center, 21 dan 22 Agustus 2017.

"UKP Pancasila ingin merayakan HUT RI dengan menampilkan optimisme bahwa Indonesia memiliki banyak ikon berprestasi," kata Kepala UKP Pancasila Yudi Latif di Kawasan Senayan, Minggu (20/8/2017).

Menurut Yudi, kriteria untuk menjadi ikon berprestasi adalah mereka pernah memperoleh penghargaan atau juara tingkat nasional dan internasional. Namun, kriteria itu akan disempurnakan di festival mendatang.

Panitia Festival Prestasi Indonesia membagi 72 orang kandidat dalam empat kategori. Yaitu ilmuwan dan inovator, olahragawan, pegiat seni budaya, dan pegiat sosial. Dari 72 tokoh berprestasi, 63 orang akan hadir di malam penghargaan yang diselenggarakan di JCC Senayan mulai Senin besok.

Rencananya, Presiden Jokowi akan hadir dan memberi penghargaan langsung kepada ikon berprestasi.

"Pak Jokowi akan hadir, bisa di pembukaan atau di penutupan," kata Yudi.

Salah satu ikon berprestasi dari kategori ilmuwan dan inovator adalah Prof Dr Taruna Ikrar, M. Pharm., MD, Ph.D. Seorang dokter jenius yang pernah menjadi kandidat Nobel Kedokteran dan saat ini menjabat Dekan School of Biomedical Sciences, National Health, University of California.

Selain itu, Alan Budikusuma, pemain buku tangkis Indonesia yang meraih medali emas dalam nomor tunggal putra pada Olimpiade Barcelona 1992, mewakili ikon berprestasi olahraga. Sedangkan apresiasi untuk prestasi seni budaya antara lain diberikan kepada sutradara Garin Nugroho. Kategori pegiat sosial diwakili oleh salah satu pelopor Komnas Perempuan, yaitu Sinta Nurriyah Abdurrahman Wahid.

Festival Prestasi Indonesia juga akan menyelenggarakan pagelaran seni Pancasila Gemilang. Dalam kegiatan itu, Kurator dan sutradara Jay Subiyakto akan menampilkan Erwin Gutawa, juara vokal internasional 2017 Liyodra, KH Mustofa Bisri, dan sejumlah seniman lain.


Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.