Sukses

Jemaah Haji Kloter Mabes TNI Tiba di Jeddah

Selain keluarga besar TNI, Kloter JKG 45 juga diisi warga biasa (sipil). Mereka adalah jemaah dari Jakarta dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 232 orang jemaah haji dari keluarga besar TNI yang tergabung dalam kelompok terbang atau Kloter JKG 45 tiba di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu 19.50 WAS.

Setelah menjalani pemeriksaan di Imigrasi dan Bea Cukai bandara, mereka keluar dari terminal haji pada pukul 21.30 WAS atau Minggu 20 Agustus dini hari waktu Indonesia.

Rombongan jemaah ini disambut Kepala Sub Pembinaan Mabes AU Kolonel Jaetul Muchlis dan sejumlah petugas PPIH Arab Saudi. Jemaah kemudian diarahkan menuju Plaza B3 untuk miqat dan ihram.

Kloter ini disebut Kloter Markas Besar (Mabes) TNI karena hampir 70 persen jemaahnya adalah keluarga besar TNI. Selain keluarga besar TNI, Kloter JKG 45 juga diisi warga biasa (sipil). Mereka adalah jemaah dari Jakarta dan sekitarnya.

Jaetul menuturkan, di TNI terdapat Badan Koordinasi Urusan Haji yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan Pangliman TNI.

"Di badan ini semua angkatan bergabung, baik AD, AL, dan AU," kata Jaetul saat menyambut jemaah.

Badan inilah yang mengatur calon jemaah haji dari TNI hingga bisa tergabung dalam satu kloter. Namun, badan ini tidak hanya melayani anggota TNI tapi juga masyarakat umum.

"Sebagai bagian dari pembinaan kemasyarakatan, warga sipil dipersilakan bergabung di kloter ini," sambung pria yang bertugas sebagai Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi itu.

Menurut Jaetul, ada sejumlah proses yang dilakukan Mabes TNI hingga dapat memberangkatkan jemaah dalam satu kloter. Pihak TNI melakukan sejumlah pertemuan dengan Badan Urusan Haji dan menyusun pramanifest yang diajukan ke Kementerian Agama.

"Dengan demikian, keluarga besar TNI bisa menyatu dalam satu kloter," sebut dia.

Jemaah Kloter JKG 45, Marsekal Pertama TNI AU Anang Nurhadi mengaku bersyukur jemaah tiba di Tanah Suci dengan selamat.

"Alhamdulillah, perjalanan dari Tanah Air lancar tanpa kendala dan sesuai jadwal. Sekarang kita persiapan miqat dari Jeddah dan melaksanakan umrah," kata Wakil Asisten Operasi KSAU ini.

Setelah menunggu di plaza kurang lebih satu jam, jemaah Kloter JKG 45 pun berangkat menuju Mekah.


Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.