Sukses

Pesan Mbah Moen untuk Jemaah Haji Indonesia

Liputan6.com, Mekah - Ulama kharismatik dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimoen Zubair sudah tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Ia tiba di Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah, Kamis 17 Agustus 2017, pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS) dengan pesawat Saudi Airlines.

Meski sudah sangat sepuh, Mbah Moen terlihat masih kuat melakukan perjalanan jauh. Usai cukup beristirahat, Mbah Moen kemudian mandi, berihram dan salat sunah di musala yang terletak di plaza Bandara Jeddah.

Menurut Mbah Moen, ibadah haji tahun ini berbeda tahun sebelumnya. Sebab kuota haji Indonesia kembali normal menjadi 211.000 orang, terdiri dari 194.000 jemaah haji reguler dan 17.000 jemaah haji khusus.

Selain itu, Indonesia tahun ini juga mendapat kuota tambahan sebesar 10 ribu jemaah, sehingga totalnya menjadi 221.000. Sementara pada empat tahun sebelumnya, kuota Indonesia mengalami pemotongan 20% dengan jumlah 168.800 jemaah saja.

"Haji tahun ini lebih kondusif. Dipandang dari segi pelayanan maupun peribadatan dan lainnya. Saya yakin haji itu akan menjadi ukuran kemajuan bangsa Indonesia," kata Mbah Moen, Sabtu (19/8/2017).

Terkait waktu larangan lempar Jumrah bagi jemaah haji Indonesia yang dikeluarkan Pemerintah Saudi, Mbah Moen meminta jemaah untuk mengikutinya.

Memang, kata dia, ada waktu-waktu afdhaliyah (baik) untuk melempar jumrah sesuai dengan pandangan berbagai mazhab dalam Islam. Namun, hendaknya umat mengikuti anjuran pemerintah sebagai rujukan secara umum.

"Jemaah haji hendaknya melaksanakan ibadah secara tulus dan ikhlas," pesan Mbah Moen.

Saksikan tayang video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Dirjen Haji Lepas Kloter Perdana Pulang ke Tanah Air
Artikel Selanjutnya
216 Jemaah Indonesia Wafat hingga Puncak Haji di Arab Saudi