Sukses

Ribuan Seniman Meriahkan Pesona Budaya Lombok - Sumbawa 2017

Liputan6.com, Mataram - Ribuan seniman lokal Pulau Lombok dan Sumbawa menggelar karnaval budaya dan ragam tradisi khas bertajuk Pesona Budaya Lombok-Sumbawa 2017. Acara diawali dengan parade berkeliling jalan protokol sepanjang Kota Mataram dan berpusat di Lapangan Sangkareang, Mataram, Nusa Tenggata Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Minggu (20/8/2017), acara tahunan ini menampilkan ragam kesenian tradisional. Di antaranya seni musik serta aneka tarian tradisional yang sudah jarang dipentaskan seperti gendang belek dan seni sekaha kecimol.

Dalam acara ini, turut dihadirkan ragam budaya lokal yang telah berusia ratusan tahun. Seperti budaya meminang adat suku Sasak, budaya tumbuk lesung, hingga tari batek baris yang mengisahkan keluguan para warga lokal menjadi serdadu tentara Jepang saat itu.

Pesona Budaya Lombok-Sumbawa 2017 akan digelar selama sebulan penuh bertempat di 18 titik lokasi yang tersebar di Pulau Lombok dan Sumbawa. Acara ini bertujuan mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke NTB yang ditargetkan mencapai 3.5 juta jiwa pada tahun ini.