Sukses

Bakamla: Seluruh Penumpang Speedboat Nahas di Pulau Bunyu Selamat

12 orang rombongan Kemendes PDTT memperingati Hari Kemerdekaan di Sebatik, namun menurut Bakamla, kapalnya terhempas angin saat pulang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kapal yang mengangkut personel Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terombang-ambing di perairan Pulau Bunyu, Kalimantan Utara. Delapan jam lamanya kapal itu di lautan. Namun, pada Jumat 18 Agustus 2017, 12 personel Kemendes PDTT ditemukan dan dievakuasi ke wilayah terdekat oleh Bakamla.

Kasubbag Humas Bakamla RI, Kapten Marinir Mardiono, mengatakan dua laksamana terjun langsung dalam evakuasi tersebut. Dua perwira tinggi (pati) itu adalah Direktur Operasi Laut (Diropsla) Bakamla RI Laksma Rahmat Eko Rahardjo dan Kepala Biro Umum (Karoum) Bakamla RI Laksma Suradi Agung Slamet.

Sebelumnya, 12 orang yang merupakan rombongan dari Kemendes PDTT melakukan serangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan RI di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di Sebatik, Kamis 17 Agustus 2017.

Mereka bertolak dari Sebatik pukul 16.30 Wita, Kamis untuk menuju Tarakan menggunakan jalur laut. Rencananya, mereka akan langsung pulang ke Jakarta menggunakan pesawat dari Bandara Juwata, Tarakan.

Namun dalam perjalanan pulang, sekitar pukul 20.00 Wita, speedboat yang ditumpangi mereka terhempas angin. Mereka pun terombang-ambing di laut dan terdampar hingga di dekat Pulau Bunyu, Kalimantan Utara.

"Tim Bakamla yang juga mendukung acara peringatan Hari Kemerdekaan RI di Sebatik, segera melakukan langkah cepat untuk melakukan evakuasi," tulis Mardiono dalam siaran persnya kepada Liputan6.com, Sabtu (19/8/2017).

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.