Sukses

Top 3 News Hari Ini: Heboh Umbul-Umbul Merah Putih Dibakar Ponpes

Top 3 News Hari Ini, aksi pembakaran umbul-umbul HUT ke-72 RI mendapat reaksi keras dari warga. Mereka menyerbu asrama Ponpes Ibnu Mas'ud.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News Hari Ini, kemeriahan HUT ke-72 RI dihebohkan dengan aksi pembakaran umbul-umbul merah putih yang dilakukan sebuah pondok pesantren di Bogor, Jawa Barat. 

Hingga kini belum diketahui apa alasan pihak ponpes membakar umbul-umbul 17 Agustus tersebut. Sebelum aksi bakar umbul-umbul terjadi, warga menceritakan, sempat terjadi adu mulut dengan pengurus Ponpes Ibnu Mas'ud. Karena mereka menolak memasang bendera merah putih di sekitar ponpes.

Meski demikian, warga tetap memasang umbul-umbul merah putih itu. Sebagai balasannya, para pengurus ponpes malah membakarnya.

Lalu, apa kabar dengan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab?

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku, bahwa pihaknya telag mengirimkan tim penyidik ke Arab Saudi untuk memeriksa Rizieq. Hasil pemeriksaan tersebut kini tengah dievaluasi di internal penyidik Polri.

Hingga malam ini, berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com terutama di kanal News.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 News hari ini: 

1. Bakar Umbul-umbul Merah Putih, Ponpes di Bogor Ditutup Warga

Ponpes Ibnu Mas'ud di Kampung Jami, Desa Sukajaya, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, digeruduk ratusan warga. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Pondok Pesantren (Ponpes) Ibnu Mas'ud Desa Sukajaya, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, ditutup warga. Hal ini menyusul adanya aksi pembakaran umbul-umbul merah putih oleh pihak ponpes tersebut pada Kamis, 17 Agustus dini hari.

Sementara sebanyak 23 orang terdiri dari pengajar dan pengurus pondok pesantren dibawa ke Mapolres Bogor untuk dimintai keterangan.

Aksi pembakaran tersebut mendapat reaksi keras dari warga. Mereka menyerbu asrama ponpes yang dihuni oleh sekitar 250 santri pada Kamis dini hari.

"Sebelum pembakaran, warga dengan pengurus ponpes sudah terjadi adu mulut, karena menolak memasang bendera merah putih di sekitar ponpes," ujar Kepala Desa Sukajaya Wahyudin.

Selengkapnya...

2. Kapolri: Rizieq Shihab Sudah Diperiksa di Arab Saudi

Pimpinan FPI Rizieq Shihab bereaksi saat dicecar pertanyaan oleh awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2). Rizieq Shihab akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar yang menjerat Sri Bintang Pamungkas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan pihaknya telah mengirim tim penyidik ke Arab Saudi untuk memeriksa pemimpin FPI Rizieq Shihab. Rizieq diperiksa dalam kasus pornografi yang diduga melibatkan dirinya dengan Firza Husein.

"Yang bersangkutan dipanggil kan sebagai saksi. Karena yang bersangkutan sedang ibadah (haji), daripada menunggu, anggota berangkat lakukan pemeriksaan," tutur dia.

Kemungkinan Rizieq Shihab bakal diperiksa kembali sepulangnya nanti dari Arab Saudi.

Rizieq Shihab sempat dikabarkan bakal pulang dari Arab Saudi pada pertengahan Agustus 2017 untuk menghadiri hari ulang tahun FPI yang jatuh pada 17 Agustus 2017. Tetapi rencana tersebut batal.

Selengkapnya...

3. Ini Sebab Guru Ponpes di Bogor Bakar Umbul-Umbul Merah Putih

Umbul-umbul yang dibakar oleh pengajar ponpes, MS, di Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Pengajar Pondok Pesantren Ibnu Mas'ud, Desa Sukajaya, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, MS (24), ditetapkan sebagai tersangka pembakar umbul-umbul merah putih. 

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicki mengatakan, saat itu di televisi banyak acara yang menampilkan program perayaan HUT ke-72 RI pada Rabu, 16 Agustus 2017 malam.

Usai menonton, pelaku kesal. Dia kemudian keluar dan membakar umbul-umbul yang ada di depan ponpes. 

"Dia membakar umbul-umbul itu sebagai representasi kebencian terhadap negara," ujar Dicki di Bogor, Jumat (18/8/2017).

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini