Sukses

Pelajar Asal Yogyakarta Menang Kontes Teknik Sepeda Motor Honda

Setelah melewati proses panjang, ajang pencarian bakat teknis Astra Honda Technical Skill Contest telah mengumumkan juara baru

Liputan6.com, Jakarta Setelah melewati proses panjang, ajang pencarian bakat teknis Astra Honda Technical Skill Contest telah mengumumkan juara baru, Rabu (2/8/2017) Cabin Hotel, Jakarta. Diikuti sebanyak 23.272 peserta dari 652 SMK yang telah mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Astra Honda.

Kompetisi ini menobatkan siswa SMK asal Yogyakarta sebagai pemenang. Ajang ini digelar PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten dan dapat bersaing di era globalisasi.

Sebelumnya, proses seleksi mulai dari tingkat regional pada periode Maret-Juni 2017. Setelah melalui berbagai tahapan ujian, akhirnya terpilih 36 siswa SMK terbaik dari seluruh Indonesia untuk menjalani kontes final pada 1-2 Agustus 2017 di Astra Honda Training Center (AHTC) Jakarta.

“Bagi pemenang tingkat SMK, saya berharap mereka dapat menjadi generasi berprestasi yang bisa mengabdi bagi masyarakat Indonesia,” ujar General Manager Technical Service Division AHM, Wedijanto Widarso saat ditemui Liputan6.com, Rabu (2/8/2017).

Terpilihlah Aris Setiawan sebagai juara pertama tingkat SMK dalam ajang Astra Honda Technical Skill Contest 2017. Siswa asal Yogyakarta ini mengatakan bahwa mengikuti ajang ini mengharuskan dirinya belajar dan bekerja lebih keras lagi.

“Ya, sebelum saya tidak menyangka bakal menjadi juara pertama. Saya senang sekali dan akhirnya bisa membanggakan orangtua,” ujar Aris Setiawan.

Sebagai ganjarannya, Juara satu pada ajang AH-TSC beasiswa penuh untuk menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra dan memperoleh uang tunai sebesar Rp 8 juta, Juara 2 mendapatkan uang Rp 5 juta dan juara 3 mendapatkan uang senilai Rp 3 juta.

Dalam kompetisi tesebut para peserta akan mengikuti ujian bentuk tertulis dan praktek. Pada ujian tertulis, peserta dites pengetahuannya tentang teknologi sepeda motor Honda. Sementara itu, pada ujian praktek, peserta dinilai keterampilannya terkait mesin, rangka, dan kelistrikan sepeda motor Honda.

Pastikan Layanan AHASS Terbaik

Tak hanya kompetisi untuk tingkat SMK, AHM juga gelar kompetisi untuk teknisi dan servis advisor Honda. Kompetisi tersebut telah memasuki tahun ke-24 dengan tujuan untuk memastikan layanan purna jual terbaik para garda terdepan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) untuk konsumen Honda sesuai perkembangan teknologi sepeda motor Honda.

Salah satu pelayanan AHASS

Peserta dalam kompetisi tersebut terbagi menjadi dua kategori, yaitu AHASS Non Main Dealer Service Center (Non MDSC) atau perorangan, dan AHASS Main Dealer Service Center (MDSC) atau berkelompok yang terdiri dari teknis dan servis advisor. Khusus untuk kategori kedua, kompetisi dilakukan setiap dua tahun sekali.

Total sebanyak 14.037 teknisi dan 1.518 service advisor dari seluruh Indonesia mengikuti penyaringan diregional daerah, yang kemudian tersaring menjadi 27 teknisi dan 27 service advisor pada kategori perorangan dan sebanyak 27 tim untuk mengikuti kompetisi di tingkat nasional.

AHM memberikan hadiah berupa 1 unit motor kepada juara satu bagi teknisi dan service advisor pada kategori perorangan sedangkang kan untuk kategori kelompok teknisi dan service advisor mendapatkan Rp 10 juta dan berkesempatan mewakili Indonesia pada ajang Asia Oceania Technical Contest 2018.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini