Sukses

Jabat Erat dan Senyum Hangat SBY dengan Megawati Tuai Pujian

Liputan6.com, Jakarta - Pertemuan antara mantan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan mantan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri memberi warga dalam upacara Hari Kemerdekaan ke-72 RI di Istana Merdeka, pada Kamis, 17 Agustus 2017.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Jumat (18/7/2017), kedua tokoh bangsa tersebut saling bersalaman dan melempar senyum hangat. Foto tersebut diambil fotografer pribadi SBY.

Momen langka itu juga menjadi viral di media sosial dan mendulang banyak pujian kepada kedua tokoh bangsa, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri.

Kemeriahan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan di Istana Merdeka memang baru pertama kali ini terjadi. Dengan dihadiri seluruh mantan Presiden RI, termasuk Presiden ke-3 BJ Habibie.

Bahkan di sela-sela acara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan para mantan Presiden di ruangan dalam Istana dan diabadikan dalam foto bersama. Pertemuan para tokoh bangsa itu juga diapresiasi oleh Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

Turut hadir pula sejumlah toko pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 RI. Di antaranya putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan serta Edi Baskoro dan Alya Rajasa.

Uniknya lagi, untuk pertama kalinya pula peringatan Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, para tamu undangan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Tanah Air sesuai dengan tema Bhineka Tunggal Ika.