Sukses

Antusiasme Bule Ikuti Lomba Makan Kerupuk hingga Pecahkan Balon

Seorang peserta asal Prancis mengaku sangat senang mengikuti acara perlombaan.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan wisatawan asing atau bule yang tinggal di sepanjang Jalan Jaksa, Jakarta Pusat mengikuti berbagai lomba. Seperti makan kerupuk, memasukan paku ke dalam botol dan memecahkan balon.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Jumat (18/8/2017), mereka begitu antusias dan menikmati permainan ini.

Seorang peserta asal Prancis mengaku sangat senang mengikuti acara perlombaan. Ini merupakan pengalaman pertama, karena tidak pernah ditemui di negaranya.

Acara ini digelar warga setempat dan bertujuan untuk mengenalkan perlombaan tradisional kepada wisatawan asing, yang dikenal sebagai backpacker jalan jaksa.

Sementara itu, warga Tionghoa se-Surabaya menjadi paduan suara dalam prosesi upacara peringatan HUT ke-72 RI, yang digelar di halaman sebuah pusat perbelanjaan.

Upacara ini tak ada bedanya dengan yang dilakukan oleh masyarakat di tempat lain, namun bedanya seluruh peserta dan petugas upacara adalah etnis Tionghoa.

Dari pengibar bendera, pembaca teks UUD 1945 dan teks proklamsi kemerdekaan RI. Uniknya mereka juga menggunakan pakaian adat.

Upacara diikuti 3000 warga keturunan Tionghoa se-Surbaya, dengan tema ke-Bhineka Tunggal Ika-an yang menjadi landasan nasionalisme. Acara ini juga dihadiri sejumlah pejabat daerah dan mantan pejabat.

Usai acara, dilanjutkan dengan pemberian bantuan sembako kepada para tukang becak Pasar Atom.