Sukses

Antusiasme Warga Saksikan Upacara HUT RI dari Luar Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia digelar di Istana Merdeka. Masyarakat Jakarta yang antusias menyaksikan jalannya upacara kenaikan dan penurunan bendera Merah Putih pun memenuhi pelataran Monumen Nasional (Monas) di seberang Istana Merdeka.

Kedatangan ratusan warga ini bukan hanya ingin meluangkan waktu libur, melainkan ingin melihat secara langsung upacara pengibaran bendera yang berlangsung di halaman Istana Merdeka.

Kondisi seperti ini sudah terjadi di setiap tahunnya. Upacara yang dipimpin langsung Presiden Jokowi dan dihadiri pejabat negara ini menarik perhatian warga.

"Senang saja melihatnya secara langsung meskipun cuma dari jauh. Tahun lalu juga seperti ini," ujar Abi warga Cempaka Putih di pelataran Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017).

Pantauan Liputan6.com, di halaman Istana Merdeka dan sekitarnya termasuk pelataran Monas, aparat kepolisian cukup ketat mengawal jalannya prosesi upacara.

Kawat berduri atau barrier disiapkan di sisi jalan untuk mengantisipasi adanya demonstrasi di tengah-tengah jalannya upacara bendera.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Antusiasme Warga Saksikan Parade ASEAN 50 di Kawasan Monas
Artikel Selanjutnya
Jokowi Bagi-Bagi Suvenir di Karnaval Kemerdekaan, Apa Saja?