Sukses

Doa Puitis Menteri Agama saat Renungan Suci di TMP Kalibata

Upacara yang berlangsung pada Kamis (17/8/2017) mulai pukul 00.00 WIB ini merupakan rangkaian peringatan Kemerdekaan ke-72 RI.

Liputan6.com, Jakarta - Malam renungan suci dalam peringatan HUT ke-72 RI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan diakhiri dengan pembacaan doa yang puitis oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Suasana hening nan gelap menambah kekhusyukan para tokoh dan pejabat negara yang hadir.

Upacara penghormatan dan renungan suci terhadap para pahlawan kemerdekaan RI ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Upacara yang berlangsung pada Kamis (17/8/2017) mulai pukul 00.00 WIB ini merupakan rangkaian peringatan Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia.

Berikut petikan lengkap doa Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan pada upacara malam renungan suci di TMP Kalibata:

"Ya Allah, Tuhan pemilik lauhul mahfud. Di malam yang larut, di bawah langit gelap berselimut, kami tegak tak beringsut, meminta, berharap doa kami engkau sambut.

Limpahkanlah rahmat dan kasih sayangmu kepada pahlawan kami, mereka yang rela berkorban demi ibu pertiwi, mereka yang telah berjasa demi kedaulatan negeri, peluk dekaplah mereka dengan luas ampunanmu yang tiada bertepi.

Ya Allah yang maha mencerahkan. Terangilah kami dengan cahaya ilmu dan kearifan agar kami terus merawat kemerdekaan dan tradisi kegotongroyongan. Anugerahilah kami kekuatan, kesabaran dan ketekunan agar kami berkemampuan mewujudkan negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur penuh keberkahan.

Ya Allah, Tuhan tumpuan kami menuju. Di malam yang hening, kami mengetuk pintu-pintu kasih sayang-Mu, mendamba cinta-Mu sepenuh rindu. Cintailah pahlawan kami dengan ampunan dan kasih-Mu, cintailah rakyat dan pemimpin kami dengan limpahan ridlo dan berkah-Mu."

 

Saksikan video di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.