Sukses

Ribuan Kepala Desa Tuntut Kesejahteraan

Ribuan kepala desa dan perangkatnya berunjuk rasa secara bersamaan di Jakarta dan beberapa kota di Tanah Air. Di Jakarta, mereka berunjuk rasa di depan Gedung Kemendagri.

Liputan6.com, Jakarta: Ribuan kepala desa dan perangkatnya berunjuk rasa secara bersamaan di Jakarta dan beberapa kota di Tanah Air. Di Jakarta, perangkat desa ini berunjuk rasa di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri. Mereka menuntut alokasi dana APBN sebesar sepuluh persen untuk desa. Dana ini juga akan dipersiapkan untuk menanggulangi bencana.

Sedangkan di Subang, Jawa Barat, ratusan kepala desa mendatangi Gedung DPRD setempat menuntut rancangan undang undang tentang desa segera disahkan. Para kepala desa juga menuntut masa jabatan kepala desa hingga sepuluh tahun. Pengunjuk rasa mengancam, jika tuntutan tidak diindahkan, mereka akan memboikot pemungutan pajak bumi dan bangunan.

Unjuk rasa ratusan kepala desa dan perangkat desa juga terjadi di Kabupaten Sidoarjo, Magetan, Kudus, dan Situbondo, Jawa Timur. Di Sidoardjo massa memblokade Jalan Raya Porong untuk mendapatkan perhatian pemerintah setempat agar kesejahteraan mereka diperhatikan. Sedangkan di Magetan, massa menuntut pemerintah segera merealisasikan gaji tetap perangkat desa sesuai UMR sebesar Rp 720 ribu per bulan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.