Sukses

Sungai Code Jadi Lokasi Penambangan Pasir

Warga kini menjadikan Sungai Code di Yogyakarta sebagai lokasi penambangan pasir dadakan. Dalam sehari, warga bisa menjual dua hingga tiga bak mobil ke pedagang.

Liputan6.com, Yogyakarta: Dampa letusan Gunung Merapi ternyata tidak semuanya membuat warga menjadi sengsara. Warga yang tinggal di pinggiran Sungai Code, Yogyakarta, misalnya, justru mendapat berkah dari letusan gunung teraktif di Indonesia itu. Mereka kini menjadikan Sungai Code sebagai lokasi penambangan pasir dadakan. Sebab, kali yang berhulu di Kali Boyong lereng Merapi ini dipenuhi tumpahan pasir dan batu material yang terbawa banjir hingga ke bawah.

Pantauan SCTV, Kamis (11/11), pasir yang dikumpulkan warga langsung diambil pembeli. Dalam sehari, warga bisa menjual dua hingga tiga bak mobil. Sehingga, dalam sehari warga bisa mendapat uang Rp 50 ribu hingga Rp 75 ribu.

Untuk mencegah rebutan, pengurus warga mendata warga yang akan menambang dan menentukan lokasi penambangganya. Selain menambah penghasilan warga, aktivitas penambangan tersebut juga membantu pengerukan yang dilakukan oleh pemerintah kota. Sebab, Sungai Code kondisinya kini dangkal akibat penumpukan pasir serta material sisa letusan Gunung Merapi ini.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini