Sukses

Presiden Yudhoyono Akan Jadi Pembicara Utama

Besok, Presiden Yudhoyono akan menjadi lead speaker atau pembicara utama mewakili negara-negara berkembang dalam pertemuan G-20 di Seoul, Korea Selatan.

Liputan6.com, Seoul: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat besok, akan menjadi lead speaker atau pembicara utama mewakili negara-negara berkembang dalam pertemuan G-20 di Seoul, Korea Selatan. Hal ini disampaikan Presiden Yudhoyono dalam briefing di atas pesawat dalam perjalanan Jakarta-Seoul, Kamis (11/11) siang tadi.

SBY mengatakan, semula harus dipertimbangkan dengan matang kehadiran dirinya dalam pertemuan negara-negara G-20 tersebut. Ini mengingat penanganan bencana letusan Gunung Merapi dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, yang harus mendapat perhatian [baca: Pantau Merapi, SBY Belum Pastikan ke Seoul].

Sementara, imbuh SBY, pemerintah Korsel sangat berharap kehadirannya sebagai lead speaker mewakili negara-negara berkembang. Apalagi ini pertama kali pertemuan puncak G-20 berlangsung di Asia. Namun setelah rapat di Istana Negara, Jakarta, dini hari tadi, akhirnya diputuskan untuk mengikuti pertemuan G-20 di Seoul dan Konferensi Tingkat Tinggi Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Yokohoma, Jepang.

SBY memperkirakan terjadi isu currency war atau perang kurs antara Amerika Serikat dan Cina dalam pertemuan kali ini. Tapi, Presiden Yudhoyono berharap hal itu tak akan mengganggu. "Kita hanya berharap pertumbuhan ekonomi tetap signifikan, mekanisme pasar berjalan lebih baik," ujar Presiden.

Mengenai KTT APEC, menurut Presiden SBY, pertemuan ini penting karena merujuk pada Bogor Goals--deklarasi yang dihasilkan dalam KTT APEC 1994 lalu di Bogor, Jawa Barat. Terlebih, Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT APEC 2013. Adapun relevansi pertemuan APEC kali ini adalah karena Indonesia akan menjadi chairman pertemuan di Asia yang juga akan dihadiri Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah menempuh penerbangan sekitar enam jam dan 30 menit, Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono tiba di Seoul, Korsel, Kamis malam. Pesawat Khusus Kepresidenan A 330-300 milik Garuda mendarat di Bandar Udara Internasional Incheon pada pukul 20.15 waktu setempat atau 18.15 WIB [baca: Presiden SBY Tiba di Seoul].(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini