Sukses

Intip Ragam Perayaan HUT ke-72 RI di Berbagai Daerah

Liputan6.com, Kutai Timur - Beragam cara dilakukan masyarakat untuk memeriahkan peringatan 72 tahun bangsa Indonesia merdeka. Seperti yang dilakukan puluhan penyelam dari sejumlah komunitas penyelam di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, Rabu siang, 16 Agustus 2017.

Mereka meluncur menuju dasar laut hingga pada kedalaman 17 meter di perairan Pulau Birah-Birahan, Kabupaten Kutai Timur.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Kamis (17/8/2017), di kedalaman laut ini, mereka membentangkan bendera merah putih sepanjang 8 meter, dilanjutkan dengan pelaksanaan ritual upacara. Kedalaman 17 meter menjadi pilihan, disamakan dengan tanggal hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Di Cirebon, Jawa Barat, memeriahkan 72 tahun kemerdekaan Indonesia, petugas pelayanan pembuatan surat izin mengemudi atau SIM di Polres Cirebon, sengaja mengenakan kostum pejuang polisi era 80-an, dengan warna dan topi yang khas.

Tak hanya itu, mereka sengaja minta para pemohon SIM, menyanyikan lagu Indonesia Raya, saat hendak mengikuti ujian teori tulis dan mengucapkan teks Pancasila, saat mengambil SIM yang sudah jadi. Para pemohon SIM tak keberatan dengan hal tak biasa dari petugas Polres Cirebon ini.

Masih di Jawa Barat, warga Kampung Pagutan, salah satu kampung di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menjadikan momentum hari kemerdekaan untuk mewujudkan semangat gotong royong, dengan bersama menghias rumah masing-masing dengan cat warna-warni.

Ada sekitar 80 rumah warga di kampung ini dan semuanya dicat dengan warna pelangi. Bahkan tak hanya rumah yang dicat demikian, tapi juga pos ronda sampai kamar mandi umum.

Lain lagi dengan yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia. Mereka merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan menggratiskan tiket perjalanan di seluruh daerah operasi bagi penumpang rute perjalanan lokal.

Seperti yang dilakukan PT KAI daerah operasi 9 Jember, Jawa Timur, pada Rabu pagi kemarin. Warga bisa mendapatkan tiket gratis ini dengan langsung datang ke stasiun-stasiun, tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Tak kalah menarik, yang dilakukan dokter hewan di Banyumas, Jawa Tengah, bernama Ahmad Munajat ini. Memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia, warga asal Purwokerto ini sengaja menghias ikan bawal dengan tato bertulis nama dua tokoh proklamator, yakni Sukarno dan Muhammad Hatta.

Selain itu ada juga tato di ikan itu dengan tulisan NKRI, Pancasila dan UUD 45. Munajat mengaku, sengaja membuat tulisan di ikan-ikan ini sebagai ungkapan cintanya kepada bangsa Indonesia.