Sukses

Jokowi Pimpin Upacara Renungan Suci di TMP Kalibata

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara apel penghormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Agustus 2017 dini hari.

Jokowi tiba dengan didampingi ibu negara Iriana Jokowi bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla yang didampingi istrinya Mufidah Kalla. Jokowi dan JK tampak kompak mengenakan setelan jas berwarna gelap dan songkok nasional.

Lampu langsung dipadamkan begitu upacara dimulai tepat pukul 23.58 WIB. Begitu juga lampu-lampu milik sejumlah bangunan tinggi di sekitar TMP Kalibata. 

Sementara ratusan peserta upacara terlihat samar-samar berbaris di depan tugu. Upacara ini hanya diterangi oleh tiga obor, terdiri satu obor berada di tugu dan dua obor dibawa prajurit yang berada di samping kiri dan kanan Jokowi. 

Jokowi selaku inspektur upacara memasuki lapangan tepat pukul 00.00 WIB. Dalam amanatnya, Jokowi  menyampaikan penghormatan setinggi-tingginya kepada 9.870 pahlawan yang dimakamkan di TMP Kalibata.

Bukan hanya itu, penghormatan juga ditujukan kepada pahlawan di seluruh Indonesia. 

"Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal, nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagian nusa dan bangsa," ujar Jokowi

Jokowi juga bersumpah dan berjanji akan meneruskan perjuangan para pahlawan. Bagi Jokowi, perjuangan para pahlawan merupakan perjuangan seluruh masyarakat Indonesia juga. 

"Dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, ditempatkan yang sebaik-baiknya," Jokowi menandaskan.

Upacara renungan suci ini dihadiri oleh sejumlah menteri dan pejabat negara antara lain, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri ESDM Ignatius Jonan, Menteri LHK Siti Nurbaya, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan Ketua KY Aidul Azhari. 

Upacara yang merupakan rangkaian peringatan Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia ini dikomandani oleh Kolonel Sandarianto yang saat ini menjabat sebagai Komandan KRI Ahmad Yani. 

Saat ini, terdapat 9.870 pahlawan yang dikebumikan di TMP Kalibata, antara lain 8.964 pahlawan dari TNI Polri, 821 pahlawan dari Badan Perjuangan, 42 tokoh nasional, dan 43 pahlawan tak dikenal.

 

Artikel Selanjutnya
Djarot Salat Idul Adha Bareng JK di Masjid Istiqlal
Artikel Selanjutnya
Pakai Baju Adat Terbaik, Kepala Suku Arfak Dapat Sepeda Jokowi