Sukses

KPK Berencana Buka Perwakilan di 9 Wilayah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memperbaiki kinerjanya dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memperbaiki kinerjanya dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Atas dasar hal tersebut, lembaga antirasuh berencana membuka perwakilan di sembilan wilayah di Indonesia.

Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif berharap rencana ini terealisasi tahun depan.

"Ada sembilan perwakilan KPK di setiap regional, di Sumatera, Kalimantan, Papua. Saya harap tahun depan mulai berjalan," ujar Laode di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan rencana tersebut masih dia bahas di internal KPK. Seandainya rencana tersebut terealisasi, KPK menyisipkan orang-orang yang memiliki pengalaman dalam hal pencegahan dan penindakan ke sembilan perwakilan wilayah.

"Akan ada banyak senior-senior yang ada di sana, fungsinya tetap melakukan penindakan dan pencegahan," kata Saut.

Dia mengatakan pembentukan perwakilan ini tak membutuhkan banyak biaya. Pasalnya, kerja mereka masih bersinergi dengan yang ada di markas pemberantasan korupsi di Jakarta.

Menurut dia, KPK bakal membagi Indonesia ke sembilan wilayah kerja. Pembagian wilayah itu bisa dilakukan per pulau-pulau besar, seperti Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku serta Papua.

"Indonesia kita bagi ke dalam sembilan wilayah. Mungkin bisa di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku. Di Jawa itu ada Jawa Barat, Banten, DKI dan Jawa Timur," papar Saut.

Saksikan video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.